Atasi Skep Karburator Nyangkut, Silahkan Tarik Sampai Melar, Biar Lancar Lagi!

Motorplus - Kamis, 13 Februari 2014 | 09:12 WIB

Cukup tarik per menggunakan tangan

Karburator punya peran vital dalam kendaraan. Kalau diibaratkan, mungkin peran karbu mirip jantung yang memompa darah di tubuh kita. Makanya, kalau part ini bermasalah, kerja mesin dipastikan menjadi tidak sempurna.

Ada beberapa macam masalah yang kerap menghantui karburator. Paling sering terjadi, munculnya masalah gas nyangkut karena botol skep tidak menutup dengan sempurna. Hal ini tentu sangat berbahaya, bisa-bisa sobat nyium kendaraan di depan karena mesin terus bergangsing tinggi.

Penyebabnya banyak. Sobat harus memeriksa beberapa part dibagian karburator. Contohnya, botol skep. Pastikan permukaan botol skep mulus alias tidak ada baret. Karena goresan di permukaan botol skep, bisa membuat proses naik-turunnya skep jadi terhambat. Efeknya, ya gas nyangkut tadi.

"Selain itu, pegas atau per di botol skep yang sudah mulai loyo juga kerap jadi biang keladi. Jadi pegas tidak bisa menekan botol skep kembali ke posisi semula,” ucap Yoga, mekanik Jaya Motor di Jl. Raya Bogor, Cibinong, Jawa Barat.

Cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini sobat harus mengganti pegasnya. Harga pegas sendiri untuk tipe karbu konvensional tidak terlalu mahal. Umumnya dibanderol dengan harga Rp 5 ribu untuk pegas skep saja. Namun ada juga beberapa jenis sepeda motor yang pegasnya dijual satu set dengan peranti lainnya. Makanya harga partnya jadi lebih mahal.

Kalau susah mencari toko yang menjual pegasnya, ada satu trik yang gampang dilakukan. Sobat tinggal menarik-narik pegas hingga melar. Kalau kondisi pegasnya masih lumayan bagus, dijamin trik ini cukup ampuh untuk mengusir gejala gas nyangkut.

“Kalau ditarik, dimensi pegas jadi memanjang. Makanya saat dipasang kembali, tekanan yang diberikan ke tabung skep bisa lebih besar. Otomatis turunnya botol skep bisa lebih lancar karena pegas lebih menekan,” tambah Yoga.

Cara bongkarnya juga gampang. Sobat tinggal mencopot penutup tabung skep yang berada dibagian atas karbu. Untuk karbu konvensional tinggal putar tutup ke arah kiri. Karbu vakum harus buka dua baut yang mengikat. Setelah itu, keluarkan pegas dan tarik-tarik hingga memelar kemudian pasang kembali.

Buat lakukan trik ini, cukup luangkan waktu aja, sob. Enggak pakai biaya alias gratisss. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular