Norton Commando Inggris, The Immortal Fast yang Dipuja Speed Junkie Dunia!

Motorplus - Senin, 17 Februari 2014 | 07:57 WIB

Penyempurnaan Triumph Speed Twin

Ini varian tersukses Norton. Pada 1968 sampai 1972, motor ini dinobatkan Motor Cycles News sebagai Machine ff The Year. Ia diproduksi Norton-Villiers dengan OHV,  mesin ganda sejajar diperkenalkan kali pertama 1967 dan langsung disambut speed junkie seluruh dunia. Evolusi mesin ini juga menarik disimak. Awal kelahirannya berkapasitas 745 cc dan di 1973 naik jadi 850 cc atau tepatnya 828 cc.

Kalau ditarik ke belakang, Commando punya sejarah panjang. Tahun 40-an bisa jadi awal kisah saat Bert Hopwood, desainer Norton meluncurklan Norton Model 7 kapasitas 497 cc. Motor ini terus berkembang menjadi 600 cc degan nama Dominator dan 750 cc berjuluk Atlas hingga akhirnya berubah jadi Commando 750 cc di 1967.

Dibanding Dominator dan Atlas, Commando banyak alami ubahan. Selain kapasitas mesin  yang makin powerfull, frame juga dirombah total. Center gravity lebih maju ke depan dan rake lebih idel dan stabil sebagai motor cepat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.