Kode Kerusakan Injeksi, Silahkan Baca Tabel Agar Tidak Salah Menangani Masalah di Motor Injeksi

Motorplus - Selasa, 18 Februari 2014 | 07:18 WIB

Enggak semua pemilik motor injeksi paham pada problem yang terjadi di tunggangan. Meskipun indikator kerusakan ditandai kedipan lampu di panel spidometer. Contohya injeksi PGM-FI di Honda yang menyebut lampu indikator kegagalan fungsi sensor dengan MIL ( Malfuction Indicator Lamp).

Kedipan lampu MIL normal tampak setelah kunci kontak ON selama 2 detik lalu mati (kalibrasi). Jika bermasalah, maka lampu MIL akan berkedip. Ada dua kedipan dasar panjang dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik) diartikan puluhan (10), kedip pendek (0,3 detik) satu kali berarti 1 dan seterusnya.

Namun, biar lebih mudah, kali ini Em-Plus ingin memaparkan kode-kode yang umum digunakan di merk motor yang banyak beredar di Tanah Air. Misalnya untuk Yamaha atau Suzuki dan Kawasaki.

Tiap merk, biasanya memiliki persamaan kode. Kecuali jika varian tersebut memiliki sensor yang lebih banyak ketimbang varian yang lain. Tetapi, secara garis besar sama saja.

Biar paham, mending baca tabel kedipan dan kode kerusakan motor-motor injeksi. Kalau enggak sangup, sundul, gan ke bengkel resmi, oke?  (www.motorplus-online.com)

Yamaha V-ixion

12 Kedipan

: Crankshaft Postion Sensor (tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini)

13 Kedipan

: Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)

14 Kedipan

: Intake Air Pressure Sensor

15 Kedipan

: Throttle Position Sensor (open atau short circuit)

16 Kedipan

: Throttle Position Sensor (macet atau lengket)

21 Kedipan

: Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)

22 Kedipan

: Intake Air Temperatur Sensor

30 Kedipan

: Lean Angle Sensor (macet atau rusak)

33 Kedipan

: Ignition Coil

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.