Modifikasi Honda Supercup 800 1981 Banjarnegara, Fokus Main Painting

Motorplus - Senin, 17 Februari 2014 | 13:07 WIB

Pandu Setyabudi dari rumah modifikasi Orion Custom (OC) Banjarnegara, jadi salah satu modifikator yang sedikit nyentrik. Garapan modifikasinya selalu dibumbui nilai seni tinggi. Contohnya pada bebek jadul miliknya sendiri ini. Konsep bodi lebih kental dengan nuansa gaya chopper dengan setang model Z bar yang ditekuk menjulang.

Namun, aroma choppy cub nongol pada racikan buntut buntung. Yang jelas, fokusnya pada teknik cat yang diaplikasi. “Namanya teknik point thelis (PT). Teknik ini pakai material sederhana yang diracik sendiri. Yang rumit, justru pada teknik pembuatannya. Karena harus telaten dan teliti saat menempelkan pada bidang yang akan dicat,” buka modifikator yang bikin gerai di Jl. Raya Dieng, Km. 30, Karang Kobar, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Corak yang dianut adalah batik nusantara. Khususnya, motif batik dari Jawa. Nah, untuk tekniknya sendiri dimulai dengan menggambar pola batik pakai pensil pada bidang yang sudah diberi cat dasar. Baru kemudian dikasih teknik PT pada sekujur bodi. Materialnya sederhana dan murah, karena hanya bermodalkan cat tembok yang dicampur lem kayu.

Yang sulit, justru pada proses bikinnya. “Karena tak memakai kuas, tapi hanya menggunakan lidi untuk membuat titik-titik pada bodi. Satu persatu titik dirangkai sesuai pola dan warna yang sudah dikonsep. Makanya perlu waktu lama dan kesabaran untuk proses painting,” papar modifikator muda ini.

Sedangkan untuk finishing, ‘dimatangkan’ lewat semprotan pernis agar kemilau. Asyiknya, karena motif PT ini dibuat manual, maka ada guratan tekstur pada bodi yang dilapis PT. Secara visual, makin terlihat unik. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan

: IRC 250-17

Ban belakang

: IRC 275-17

Pelek depan

: Rossi 1.40 X 17

Pelek belakang

: Rossi 1.60 X 17

OC : 0856-4763-5975

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.