Rawat Komponen CVT di Skubek, Bisa Mencegah Proses Cepatnya Keausan

Motorplus - Rabu, 19 Februari 2014 | 14:39 WIB

Rawat komponen CVT perpanjang masa pakai

Debu dan kotoran pasti ada di CVT. Kotoran ini akibat gesekan antar part, sehingga wajib dibersihkan. Karena mengganggu kinerja komponen CVT. Apalagi, ditambah pasir yang dibawa air banjir!” papar Sarjono, mekanik dari Sweet Martabak Racing (SMR). Part yang wajib dibersihkan, terutama secondary sliding sheave dan rumah roller.

Kotoran dan air, bisa menimbulkan berkurangnya pelumasan yang dibutuhkan oleh sliding sheave.  Sehingga, saat akselarasi timbul gejala getar. Sedangkan, kotoran yang terdapat di rumah roller, khususnya jalur got bisa cepat menggerus roller dan pinggiran got.

Bersihkan dengan bensin, maksimalkan dengan deterjen dan keringkan

Misal, sobat yang punya Honda BeAT, buka semua baut pengikat cover CVT pakai kunci T8. Setelah itu, mulai buka baut pengikat pully belakang pakai kunci ring 19 mm dan tahan rumah pully agar tak ikut berputar. Lanjut, buka pully depan dengan kunci ring 22 mm, lalu tahan kipas pully. Buka sliding sheave, pakai kunci khusus ukuran ring 39 mm. Setelah semua terpisah, mulai bersihkan.

“Bersihkan komponen ini pakai bensin. Maksimalkan dengan air ditambah deterjen, lalu keringkan. Setelah kering, beri pelumasan di part yang wajib diberi grease. Misalnya, sliding sheave, lubang puli roller, pen roller sliding sheave dan lainnya. Setelah bersih dan grease baru, rakit kembali kebalik dari membuka. Tentunya gesekan yang terjadi bisa diminimalisir, ” papar Sarjono dari bengkelnya di Ciledug, Tangerang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.