Mesin Motor Brebet, Bisa Jadi Karena Kondisi Keran Bensin yang Mampet!

Motorplus - Rabu, 19 Februari 2014 | 09:06 WIB

Bersihkan lubang menggunakan kawat atau kabel besi

Banyak hal yang membuat mesin kendaraan menjadi brebet. Salah satunya, karena aliran bahan bakar tersumbat. Jelas hal ini akan menimbulkan masalah brebet pada mesin. Karena proses pembakaran pada mesin menjadi tidak sempurna.

Hal yang menyebabkan bahan bakar tersumbat salah satunya karena kotoran. Apalagi setelah musim hujan, air yang ikut masuk ke dalam tangki bensin bisa membuat karat dan memunculkan banyak kotoran di dalam tangki. Tentu, hal ini bisa mendatangkan masalah di tunggangan.

“Kotoran dari karat bisa menyumbat lubang-lubang di kran bensin. Bukan cuma karena karat, sering isi bensin eceran juga bisa memperbesar peluang masuknya kotaran ke tangki. Makanya part yang ini harus diperhatikan,” wanti Abdul Rojak, mekanik Mitra Motor di Jl. Raya Pabuaran, Bogor, Jawa Barat.

Untuk mengecek kondisinya, sobat bisa membuka dua baut yang terikat di kran bensin. Tapi, sebelum dibuka, kuras dan kosongkan terlebih dahulu tangki bensinnya. Agar bensin tidak tumpah ketika mekanis kran bensin dibuka. Untuk tipe motor sport, kran bensin terletak di bawah tangki. Di kran bensin umumnya ada tuas untuk memposisikan kran ke On, Off, dan Rest. Makanya, akan tampak tiga buah lubang saat sobat membuka cover penutup kran bensin.

Ketiga lubang tersebut memang memiliki ukuran yang cukup kecil. Makanya tidak heran kalau adanya kotoran bisa menyumbat aliran bahan bakar. Langkah yang harus diambil, tentu membersihkan lubang agar aliran bahan bakar bisa kembali lancar.

“Untuk membersihkannya bisa memanfaatkan kawat atau kabel yang kuat namun elastis. Soalnya, lubang di kran bensin punya lekukan ke bagian atas. Selanjutnya tinggal tusuk-tusuk kawat atau kabel yang disediakan sampai kotoran terbawa keluar,” tegas Abdul.

Agar proses pembersihan lebih sempurna, usai ditusuk kawat, sobat bisa meniup lubang dengan angin bertekanan atau angin kompresor. ini bisa lebih memastikan kalau lubang sudah benar-benar bersih. Selain kran, ada baiknya sobat juga mengecek kondisi slang yang mengalirkan bensin. Pastikan lubang tidak tersumbat dan tidak tertekuk. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.