Modifikasi Ducati Panigale, Pierobon Sulap Panigale Jadi Street Fighter Pakai Rangka Trellis

Motorplus - Kamis, 20 Februari 2014 | 06:18 WIB

Berubah 180 derajat dari model aslinya

Ducati Panigale adalah tipe motor sport twin cylinder dengan konfigurasi L yang digunakan di ajang balap dunia Superbike. Tapi melalui Pierobon, mereka menyulap motor tersebut menjadi motor yang konsepnya sangat berbeda yaitu street fighter.

Tentunya bukan asal sulap, melainkan rumah produksi khusus rangka asal Italia itu melakukan pengubahan cukup banyak. Termasuk mengubah rangka monokok dari karbon menjadi rangka trellis alias tubular. Tentunya ini bukan pekerjaan gampangan. Mengingat mounting mesin ke rangka monokok yang hanya terdapat pada bagian atas saja, berbeda ketika harus aplikasi rangka trellis.

Model dan desainnya pas dengan dimensi dan model mesin

Tapi ketika Pierobon mengaplikasikan sasis itu, hasilnya cukup pas. Tidak berlebihan dan malah membuat tampilan Panigale berubah drastis jadi tampilan motor naked bike. Pierobon sendiri memilih pipa baja dengan ketebalan diameter 28 mm.

Sempat ada keraguan tentang performa mesin yang bisa didukung penuh model rangka seperti ini. Tapi berdasarkan analisis data melalui komputer, penggunaan rangka trellis justru mendukung penyaluran torsi yang tepat ke roda. Artinya geometri mesin bisa lebih fleksibel.

Mounting rangka jok ke rangka utama, posisinya ngepas ala street fighter

Secara otomatis, lengan ayun dan mounting untuk jok, sekarang tidak bertumpu pada mesin lagi. Melainkan sudah bisa ditempel langsung ke rangka tubular itu. Pierobon bahkan menempatkan mounting rangka jok dan lengan ayun pada posisi yang sangat tepat. Jadi tidak ada kesan janggal dan tidak sesuai dari sisi estetika.

Sang empunya konsep berpose dengan Panigale yang masih dalam tahap pengerjaan

Hanya saja motor ini belum diuji performanya seperti apa di lintasan. Jika memang mampu membawa performa lebih baik ketimbang model standarnya, ini bisa jadi ide menarik untuk tim Ducati di MotoGP. Ya enggak, sob! (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.