Jangan Sembarang Melakukan Las di Besi Cor Seperti Kem, Pakai yang Elektroda Khusus

Motorplus - Jumat, 28 Februari 2014 | 09:12 WIB

Ngelas besi cor seperti kem, blok silinder catok atau ragum

Besi cor bukan besi untuk ngecor rumah. Tapi, besi yang dibuat dengan sistem cor. Biasa disebut besi tuang karena dicetak dengan cara dituang. Misalnya besi untuk kem. Atau blok silinder Honda Grand dan Supra 100.

Karena terbuat dari besi cor tidak bisa dilas listrik atau asetilin. Kalau dipakasakan akan lepas. “Untuk las listrik, solusinya gunakan elektoda khusus,” jelas Sidiq dari bengkel bubut Agung Teknik.

Satu batang elektroda bisa Rp 35 ribu

Seperti las untuk kem yang mau ditinggikan lifnya. Sidiq pakai eletroda merek Nikko Steel untuk Ferro Nickel CIN-2 For Repairing of Cast Iron (besi tuang). Bisa didapat di Pertokoan Glodok Jaya, Kota, Jakarta Barat.

Spek besi tuang (cast iron)

Harga satu bungkus Rp 800 ribu. Satu batangya kira-kira Rp 35 ribu. Yang perlu diperhatikan diameter elektrodanya. Pengaruh terhadap seting ampere di mesin las. “Diameter 2,6 mm diseting 50-80 ampere, 3,2 mm 70-110 ampere dan 4,0 mm 100-140 ampere.” jelas Sidiq dari Jl. KH Mas Mansyur, Pasar Bengkok, Pinang Tangerang. Telepon (021) 9291-3275. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular