Ganti Per & Spi One Way Clutch Yamaha Mio dan Nouvo, Bisa Cegah Starter Ngelos

Motorplus - Kamis, 27 Februari 2014 | 11:24 WIB

Melepas one way clutch tinggal tarik keluar

Yamaha Mio Sporty atau Nouvo ente suka ngelos saat distart pakai electric starter? “Wah, itu ciri-ciri one way clutch-nya (OWC) bermasalah. Bisa kotor atau pen dan per aus,” kata Sukandi Endah, mekanik bengkel OSS di Jl. Panjang No. 8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Kotoran, lanjut Botak (sapaan akrab Sukandi), bisa menyebabkan gerak pen penonjok laher berbentuk tabung yang ada di dalam sistem OWC jadi seret. “Pen jadi diam enggak mau mendorong laher tabungnya. Makanya OWC gak nyangkut ke bandulnya yang nempel di gigi starter. Sehingga kruk as gak mau muter, cuma terdengar cuma bunyi serr..serr.. doang,” terang Botak.

Pen, per dan laher tabung OWC Mio/Nouvo banyak di pasaran

Ia pun lantas menganjurkan untuk coba membersihkan pen berikut pegasnya, laher tabung serta lubang dudukan pennya terlebih dulu dengan cara disemprot pakai penetran. “Seandainya starter masih ngelos juga, baru deh ganti pen, per serta laher tabungnya dengan yang baru. Karena ada kemungkinan sudah aus,” sarannya.

Congkel keluar laher tabung dan pen OWC pakai obeng min

Cara menggantinya mudah kok, bisa dilakukan sendiri di rumah. Mula-mula siapkan kit OWC tersebut yang bisa ditebus seharga Rp 25 ribu. Isinya (pen, per dan laher tabung) ada 4 pasang. Selanjutnya tanggalkan cover CVT, dilanjutkan melepas puli primer.

Baru deh akan terlihat rumah OWC-nya. Ente bisa langsung tarik OWC tersebut ke luar, lalu balikan posisinya. Maka akan tampak peranti dalamnya seperti yang tadi disebutnya. Tinggal copot satu persatu dengan cara dicungkil pakai oben min. Kalau bisa pakai obeng yang ada daya magnetnya. Dimulai dari laher bambu, pen, lalu per pendorongnya.

Per dimasukkan dulu ke dalam pen, lalu pasang ke dudukannya di OWC

Dingat-ingat ya urutan atau posisi pemasangannya tersebut! Biar saat pemasangan kit OWC baru tidak keliru. Nah, jika kit barunya sudah terpasang, untuk pemasangan kembali OWC pada dudukannya semula biar benar-benar ngeplak ke bandul gigi starter, cukup dengan cara memutar OWC ke kiri sembari ditekan ke dalam. Tentunya, semua langkah ini bisa sobat lakukan sendiri kok. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.