Modifikasi Tangki Yamaha V-ixion, Jangan Asal! Perhatikan Posisi Fuel Pump dan Kelistrikannya

Motorplus - Sabtu, 8 Maret 2014 | 16:00 WIB

Plat dasar tangki tetap dipertahankan 

Modifikasi pada tangki Yamaha V-ixion kerap dilakukan modifikator. Baik itu menyesuaikan bodi yang sudah berubah bentuk benjadi full fairing, ataupun untuk ubahan besutan bergaya street fighter. “Ubahan pada tangki standar dilakukan biasanya karena bentuknya sudah enggak mecing lagi dengan tampilan modifikasi,” jelas Wardoyo modifikator dari bengkel G2C di kawasan Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Memang kalau sekedar pasang cover atau kondom tangki tak masalah. Namun, kalau ubahan tangki berbahan plat, pengerjaannya kudu hati-hati. Sebab, di penampung bahan bakar V-ixion tertanam fuel pump atau pompa bahan bakar dan peranti kelistrikan sistem injeksi.

Berbagai model tangki bisa dibuat  

“Kuncinya, apapun desain ubahan tangkinya usahakan plat tatakan atau bagian dasar tangki V-ixion tetap dipertahankan,” buka Wardoyo.

Tahap awal lepas seluruh soket dan sensor yang nempel pada bagiaan bawah tangki yang berkaitan fuel pump. Setelah itu baru buka baut pengikat fuel pump biar terpisah dengan bagian tangkinya.

Perangkat fuel pump harus dilepas

Setelah itu, tinggal proses pengerjaan ubahan tangki deh. “Usahakan soket yang dilepas tadi, diamankan dibungkus plastik. Ini untuk menghindari debu yang bisa saja dapat mengganggu sistem kelistrikan,” bisik Wardoyo. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular