Kawasaki J300 Skubek Pertama Kawasaki, Bakal Muncul di Indonesia Enggak Ya?

Motorplus - Sabtu, 8 Maret 2014 | 08:40 WIB

Tampilan kompak matik Kawasaki

Dilihat dari garis dan desain lampunya yang khas, ini jelas Kawasaki! Kentara memang. Yup, berita kemunculan karya terbaru Kawasaki ini memang sudah lama ditunggu oleh para penggilanya. Terlebih lagi yang akan muncul ini, adalah motor matic alias skubek.

Berbeda dengan yang lain, besutan yang dikasih nama Kawasaki J300 ini dibekali mesin 299 cc dengan badan bongsor. Pantas jika matik ini memiliki performa unggul dan menjanjikan riding yang aman dan nyaman.

Dari segi desain, J300 ini terlihat sporty dan gagah. Tampilannya yang khas dan tajam pada bagian depan, disebut-sebut mirip dengan style saudaranya. Yaitu, Kawasaki Ninja dan ZX.

Badge dan emblem 3D Kawasaki juga menambah kesan berkelas matic ini. Sementara tampilan belakangnya juga dihiasi oleh lampu LED yang banyak digunakan ‘saudara-saudara mogenya’ .

J300 ini merupakan skuter pertama Kawasaki, yang berpartner dengan perusahaan Taiwan, Kymco. Kerjasama ini, dalam hal mesin yang menggabungkan varisi dari keduanya.

Ada juga variasi tambahannya

Mesin 299 cc liquid-cooled SOHC dengan empat katup yang tersokong, menghasilkan akselerasi yang halus namun lebih bertenaga. Ini berkat bantuan Continuously Variable Transmission (CVT) yang dirancang khusus dengan peak power yang dihasilkan mencapai 28 hp pada 7.750 rpm dan torsi sebesar 28.7 Nm pada 6.250 rpm.

Di sektor kaki-kaki, matik ini menggunakan dual-shockbreaker yang kokoh namun tetap nyaman dikendarai. Untuk stabilitas kemudi, pelek depan dan belakang adopsi ukuran 14 inci dan 13 inci. Lah, kok beda ukuran?

Motor ini nggak hanya enak saat riding di perkotaan, tapi juga saat di tanjakan. Sektor pengereman menggunakan rem cakram ganda untuk bagian depan-belakang. Kaliper piston bagian depan berukuran 260 mm dan belakang 240 mm. Sistem pengereman tipe ABS juga tersedia pada J300 versi khusus.

Selain untuk kepentingan kaum ‘urban’, skubek gambot ini juga identik dengan riding santai. J300 termasuk mementingkan nilai tersebut. Riding position dibuat senyaman mungkin, termasuk untuk bagian kaki.

Dek pijakan atau floorboard didesain khusus untuk kenyamanan, dan tidak licin saat ngerem. Meski matik ini berbadan bongsor, tetapi nggak perlu kuatir bagi riders bertubuh tambun. Karena desainnya memudahkan posisi kaki rider untuk berpijak ke tanah.

Headlamp sporty dan tajam, khas moge saudaranya

Kala harus riding lama, rider bakal ditemani unit jok berkontur ergonomis dengan bahan tebal, tapi empuk. So, tak perlu khawatir jika mau riding seharian.

Ajibnya lagi nih sob, kebanyakan matik kan punya ‘ruangan khusus’ pada bagian bawah jok alias bagasi. Nah, J300 ini punya nilai plus-plus. Joknya dilengkapi strut hidrolik dan lampu LED. Tentunya sangat membantu penglihatan. Belum lagi, bagasinya yang supergede. Cukuplah untuk diisi helm full face dan tas berukuran A4.

Matik ini rasanya juga mengedepankan desain. Seperti bagian panelnya yang menambahkan blue-backlit pada layar LCD dengan gambar kualitas tinggi. Dashboard ini mencakup odometer, dual trip meter, jam, indikator bahan bakar, temperatur pendingin dan engine warning symbol.

Yang seru lagi, nih matik punya sentuhan-sentuhan kecil, tapi ‘ngena’ buat bikersnya. Seperti soket listrik 12 volt di glovebox yang berguna untuk perangkat gadget. Semisal mencharge baterai. Aksesoris tambahan lainnya, dua top-box pilihan, dan visor yang lebih besar. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular