Yamaha Indonesia Target Bawa Tim dan Pembalap Indonesia di Moto2 Tahun 2018

Motorplus - Selasa, 11 Maret 2014 | 17:14 WIB

Pembalap binaan Yamaha, bisa jadi calon kuat untuk ke Moto2 2018

Langkah mengejutkan kembali diumbar PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) divisi motorsport. Yaitu target membawa tim dan pembalap ke ajang balap MotoGP di kelas Moto2 pada tahun 2018 mendatang. “Yup, itu adalah target yang paling realistis. Tapi kalau memang tim dan pembalap kami sudah siap, ya tentunya bisa lebih cepat dari itu,” klaim Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia.

Pertanyaan pun berlanjut tentang kenapa mereka harus selama itu untuk menentukan target melakukan ekspansi ke ajang Moto2? M. Abidin selaku GM Service & Motorsport Yamaha Indonesia melanjutkan bahwa, untuk tampil di ajang balap dunia seperti Moto2, tentu bukan hal instan.

“Ya kami tidak mau kalau pembalap yang sudah dipromosikan ke kelas yang lebih tinggi, harus kembali balapan di kelas bebek lagi. Itu sama sekali bukan passion Yamaha untuk melakukan hal itu. Yamaha Indonesia melakukan pembibitan yang tidak main-main. Makanya kami juga menerapkan perilaku dan pendidikan khusus bagi pembalap. Agar nantinya siap menuju ajang balap dunia.”

“Bukan hanya pada pembalap saja, tapi kami juga melatih tim dan mekanik agar bekerja sesuai dengan standar kerja mekanik internasional. Jadi nantinya mereka benar-benar siap untuk kami bawa ke ajang balap dunia, seperti Moto2. Karena ini penting untuk menjadi sebuah tim yang kompetitif. Bukan hanya sebagai tim pelengkap di Moto2. Makanya butuh proses untuk menuju itu, paling tidak di 2018 proses ini sudah bisa dilihat hasilnya,” pungkas Abidin.

Sebagai langkah awal Yamaha Indonesia di ajang dunia, tahun ini mereka akan membawa pembalap berlaga di ajang Suzuki 4 Hours. Dimana PT. Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM Honda di Indonesia, juga menurunkan pembalapnya. Sementara di tahun berikutnya ikut di balap tingkat Asia yaitu ARRC. Kemudian di All Japan Championship atau Kejurnas Supersport Spanyol.

Komitmen Yamaha Indonesia dalam membuat program motorsport yang lebih agresif, patut diacungi jempol. Jangan sampai ada pembalap yang kembali mengalami turun tahta. Padahal baru saja gempita pembalap nasional ke ajang dunia digaungkan. "Kalau sudah bertarung di Moto2, ya jangan sampai turun ke balap bebek lagi!" pungkas Abidin. Kita lihat saja nanti! (motorplus-online.com)

Daftar rencana jangkan pendek dan panjang YIMM di balap dunia :
1. 2014 : Ikut di Suzuka 4 Hours (fokus di R Series)
2. 2015 : Ikut di Asia Road Racing Championship (ARRC)
3. 2016 : Ikut di All Japan Championship atau Kejurnas Supersport Spanyol
4. 2017 : Ikut di All Japan Championship atau Kejurnas Supersport Spanyol
5. 2018 : Ikut di MotoGP (Kelas Moto2), pembalap dan tim

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular