Tes Suzuki Skywave Pakai Silencer Kawasaki KLX 150, Lagi Tren di Motor Skubek, Nih!

Motorplus - Rabu, 19 Maret 2014 | 12:49 WIB

Lagi tren juga nih di kalangan pengguna X-Ride

Jika kapasitas mesin sudah digedein, pakai knalpot bawaan motor, sudah pasti aliran gas buang yang kian deras bakal kecekik. Efeknya, performa jadi gak maksimal dan mesin cepat panas.

Nah, dilemanya jika bobok knalpot standar atau ganti jenis freeflow, bisa kena razia knalpot berisik. Terutama di daerah. Kan gak lucu kalau knalpot sampai dipotong dan motor suruh dituntun pulang, hehehe...

Eit, tenang dulu bor! Untuk ngakalin kondisi seperti itu. Ganti aja silencer knalpotnya pakai punya motor yang kapasitas mesinnya lebih besar. Contohnya, seperti yang Em-Plus terapkan di Suzuki Skywave bore up 132,47 cc. Yakni, pakai silencer knalpot Kawasaki KLX 150. Suara knalpot tetap kayak standar, tapi performa dapat.

Punya KLX 150 cuma 2,2 kg. Power weight to ratio lebih menguntungkan

Secara logika, volume bagian dalam silencer knalpot KLX 150 kan dirancang untuk menyalurkan gas buang mesin 150 cc. Buat skubek yang sudah bore up 150 cc ke bawah, silencer motor dual purpose Kawasaki berkapasitas 150 cc ini dijamin masih bisa melayani deh.

Untuk membuktikannya, Em-Plus uji langsung di atas mesin DynoMite milik Ultraspeed Racing (USR) di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Skywave bore up 132,47 cc tadi. Dalam kondisi masih pakai silencer standar, tenaga maksimum cuma mentok di 9,865 hp/ 8.334 rpm dan torsi puncak 8,698 Nm/ 7.676 rpm.

Saat ditimbang, silencer asli Skywave beratnya sampai 4,5 kg

Tapi, begitu ditukar pakai punya KLX 150, peak power langsung terkoreksi naik jadi 10,22 hp @ 9.028 rpm. Kalau dilihat dari grafik hasil dyno, sejak putaran 7.800 rpm tenaga cenderung naik hingga puncak rpm dibanding silencer standar.

Begitu pula dengan torsi. Silencer KLX suskes memperbaikinya. Meski di peaknya tercatat kenaikan hanya sebanyak 0,08 Nm, yakni jadi 8,778 Nm @ 7.896 rpm, tapi hingga putaran puncak grafiknya terus naik. 

Data dyno silencer std vs KLX 150

Oh iya! Untuk mendapatkan silencer KLX 150 ini, bisa berburu di loakan alias pasar onderdil seken atau ke tukang knalpot, siapa tau mereka punya copotannya dari konsumen. Pasaran bekasnya sekitar Rp 150 ribu – 250 ribuan, tergantung kondisi. Dan ternyata, "Silencer KLX 150 sekarang lagi trend di kalangan pengguna Yamaha X-Ride loh," bilang Freddy A Gautama, punggawa USR. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.