Tes Tegangan & Arus Charger Hp New Honda Supra X 125 Fi Amankah Buat Charge?

Motorplus - Selasa, 25 Maret 2014 | 10:04 WIB

Ngecas HP di Supra X 125 FI dijamin aman

Ada yang unik ketika PT Astra Honda Motor (AHM) merilis New Honda Supra X 125 FI yang dibekali fitur Power Outlet. Yakni berupa port/soket buat charger HP

Makin unik ketika ramai dibicarakan di dunia maya. Tak sedikit muncul pertanyaan soal aman tidaknya tegangan dan arusnya. Lalu, apakah jika hand phone (HP) dicas (charging, red) di dalam bagasi sembari motor dijalankan, suhu di dalam box yang biasanya panas bisa membuat HP jadi cepat rusak dan sebagainya.

Tegangan di port saat langsam terbaca 13,04 V. Maksimum 13,53 V

EM-Plus jadi ingat ucapan seorang teman yang punya toko hand phone. “HP jangan sering-sering dicas di kendaraan. Karena tegangan yang keluar dari soketnya naik-turun seiring putaran mesin, lama-lama bisa merusak HP,” wanti Sofyan, owner Honey Phone yang beralamat di lantai dasar Roxy Mas, Jakarta Barat.

Selain itu, HP juga tidak boleh terkena suhu di atas 40º C. Karena akan cepat membuat komponen elektronik di dalamnya rusak. Sementara, ruang bagasi motor kan cenderung panas.

Tegangan charger, konstan di 5,14-5,15 Volt. Arus kurang dari 1 A

Menurut penjelasan Endro Sutarno selaku instruktur Astra Honda Training Center (AHTC), tegangan yang keluar 12 volt dengan arus maksimum 1 ampere. Ditambah Power Outlet diamankan sekring 5 ampere. Bila terjadi lonjakan arus, sekring akan putus.

Sebenarnya yang bikin aman baterai HP bukan dari port yang ada di motor. Yang menentukan aman atau tidak terletak di charge HP. Disana ada spesifikasi tegangan dan ampere out put.

Tegangan atau ampere listrik rumah juga naik-turun. Siang bisa 230 volt, malam bisa hanya 180 volt. Tapi, baterai HP kita aman. Yang penting peran charger HP itu sendiri.

Suhu dalam ruang box bagasi tak lebih dari 30º C. Masih aman, cuy!

Membuktikannya, EM-Plus coba ukur langsung. Baik output yang keluar dari port/soket di motor, maupun yang keluar dari charger. Sample charger diambil dari salah satu produk aftermarket yang khusus buat di motor. Sekalian ukur suhu dalam ruang bagasi setelah motor dibawa jalan sekitar 33 km pada siang hari. Hasilnya lihat box Hasil Test dan foto-foto.

Dari hasil pengukuran penstabil arus bukan cuma ada di regulator yang ada di motor, tapi juga ada di charger HP. Dengan kata lain, HP ente dijamin aman dicas di motor. Asal spek chargernya benar. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.