Substitusi Kabel Speedometer Yamaha Xeon RC, Bisa Pake Punya Mio Sporty Lho!

Motorplus - Jumat, 21 Maret 2014 | 15:30 WIB

Langsung pasang tanpa ada part yang diubah

Ady Maulana pemilik bengkel Ady Motor di Jl. Raya Cinangka, Bojongsari, Depok, Jawa Barat kerap mendapat keluhan dari penunggang Yamaha Xeon RC. Kabel speedometer skubek Yamaha 125 cc ini mudah putus yang membuat panel indikator kecepatan tidak berfungsi

Masalahnya, kabel spidometer Xeon RC sedikit sulit didapat di bengkel umum. Tapi, penunggang Xeon tidak perlu pusing, karena sobat bisa adopsi kabel spidometer Yamaha Mio Sporty yang mudah didapat.

“Bisa pakai kabel spidometer Mio Sporty yang punya kode part 5TL-H3550-00. Kabel Mio Sporty bisa dipasang di Yamaha Mio J, Xeon RC, dan F1Z-R. Tinggal pasang tanpa ada ubahan apapun,” tegas Ady yang akrab disapa Bogel.

Untuk harga, penggunaan kabel spidometer Mio Sporty pada Xeon RC juga bikin irit. Kabel spidometer Mio dibanderol dengan harga Rp 17 ribu. Sedangkan milik Xeon RC yang punya kode part 1LB-H3550-00 dibanderol Rp 20 ribu. Lumayan, sisa Rp 3 ribu bisa buat beli air mineral waktu jalan ke toko spare part.

Selain punya harga yang lebih murah, kabel pendukung indikator kecepatan milik Mio lebih mudah didapat di bengkel-bengkel umum ketimbang milik Xeon. Itu wajar! Sebab pengguna Mio Sporty sempat menjamur di tanah air beberapa waktu lalu. Makanya, baik spare part maupun variasi untuk Yamaha Mio lebih mudah didapat dibandingkan skubek yang lain.

Bukan cuma kabel spidometer, gigi nanas Mio Sporty yang menjadi pemutar kabel spidometer di bagian roda depan juga kerap jadi bahan substitusi. Penunggang Yamaha Jupiter Z yang biasa menggunakan. Padahal, harga gigi nanas Mio lebih mahal dibandingkan Jupiter Z.

“Biasanya anak komunitas Jupiter Z yang pasang gigi nanas Mio ke Jupiter Z. Dari pengakuan mereka, dengan memasang gigi nanas Mio Sporty, angka yang ditampilkan speedometer Jupiter Z bisa lebih presisi. Angkanya memang terlihat lebih lambat sekitar 10 km/jam dibandingkan saat menggunakan gigi nanas asli Jupiter Z. Masalah pemasangan, tinggal plek,” tutup Bogel. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.