Safety Riding Buat Anak, Jangan Sepelekan Pentingnya Jaket Saat Boncengan

Motorplus - Jumat, 21 Maret 2014 | 09:43 WIB

Dilengkapi jaket, bukti perhatian dan kasih sayang

Seting pakaian anak jadi hal menyenangkan, terutama buat ibu-ibu. Termasuk ketika mengajak anak boncengan. Jangan hanya mempertimbangkan keselamatan diri sendiri dengan jaket tebal dan tertutup, sementara bocah kesayangan dibiarkan pakai jaket seadanya. Untuk itu, selalu siapkan jaket yang aman dan nyaman buat anak ketika boncengan.

Pilihan jaket anak-anak kini makin banyak pilihannya. Baik bahan maupun modelnya. Untuk bonceng, anak tetap harus pertimbangkan faktor safety. Aman dari empasan angin, debu, panas dan juga hujan. Bahkan melindungi ketika terjadi gesekan dengan aspal. Pertimbangan bahan, jaket kulit menjadi pilihan paling aman.

"Jaket khusus buat anak yang diajak boncengan juga harus dilengkapi pelindung seperti halnya jaket berkendara, memang masih jarang. Kalau pun ada mesti pesan dulu. Bahan kulit paling ideal menahan angin," terang Irma dari Tannelie Children Boutique di ITC Mangga Dua Lt. 4, Jakarta Barat.

Jaket kulit produk lokal banyak menawarkan, rata-rata juga harus pesan, karena pasarnya jarang. "Kalau jaket kulit impor, lebih banyak. Rata-rata dari China. Harga memang sedikit lebih mahal. Tetapi kualitas kulitnya lebih bagus. Lebih lentur dan juga awet," tambahnya.

Selain jaket kulit, jaket bahan katun nggak masalah dipakaikan. Yang penting bahan tebal bisa menahan angin langsung ke tubuh anak. "Bahan katun di dada dan punggung. Pada lengan, tetap dilengkapi kulit," ujarnya.

Bukan hanya katun, pilihan bahan parasut juga banyak. Parasut dengan lapisan dalam katun tebal. Untuk bahan ini jika kondisinya panas, anak akan mudah merasa kegerahan, ini juga bikin nggak nyaman di boncengan.

Selain bahan, jaket buat anak yang dibonceng juga perlu penutup bagian leher sebagai tambahan penahan angin. Biasanya jaket katun atau parasut model hoodie, bagian leher tinggi ada juga yang sudah dilengkapi kancing. Pastinya jauh lebih aman ketika dipakai berkendara. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.