Bikin Booster Lampu, Bikin Terang Sinar Dengan Biaya yang Relatif Terjangkau

Motorplus - Minggu, 23 Maret 2014 | 18:43 WIB

Modalnya enggak besar buat bikin lampu lebih terang

Bikers yang doyan riding jauh atau turing, pasti perlu pencahayaan extra. Karena tidak semua medan jalan yang dilalui sudah dilengkapi dengan pencahayaaan yang cukup. Solusinya, aplikasi lampu HID. Namun, HID punya sejumlah kekurangan. Yaitu, harga yang cukup mahal dan boros listrik.

Eits, tenang dulu! Bisa kok akali lampu depan jadi lebih terang dengan bulb standar. Jordan yang mekanik RM Motor di Jl. Beringin Raya No.145, Perum 1, Tangerang, mau berbagi tips agar lampu standar pabrik bisa menjadi lebih terang.

“Cukup pakai tiga dioda 6 ampere dan satu dioda 1 ampere,” bilangnya. Caranya, tiga dioda 6 ampere ini dijadikan rangkaian paralel dan disambungkan kutub positifnya ke dalam kontak dan kutub negatifnya ke bagian fiting lampu. Kabel minus yang ada dalam fiting lampu, harus diputus dan diganti kabel yang ada dari rangkaian dioda tadi. “Karena, fungsi dari dioda di lampu ini adalah menyimpan arus listrik dan kemudian melepaskannya sehingga lampu bisa nyala lebih terang,” ucap Jordan.

Ini dia rangkaiannya

Sementara, dioda yang 1 ampere tadi, kutub positifnya disambungkan ke bagian fiting lampu jauh. “Yang satu ampere ini, fungsinya biar sensor lampu jauh yang ada di motor itu bisa mati. Jadi, bisa diubah-ubah mau pake lampu jauh apa lampu deket. Kemudian, bagian kutub lainnya disambungkan dengan saklar eksternal yang bakal kita pasang. Jadi, kita bisa ngatur kapan mau pake boosternya.”

Booster lampu ini dapat diaplikasiakan di semua motor yang menggunakan sistem AC, “simpel dan gak semahal beli lampu HID kan!” aku Jordan yang patok tarif Rp 75 ribu untuk pasang booster lampu ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular