Bunyi Berisik di CVT Honda PCX 125, ‘Colek’ Pakai Sabun Buat Mengatasi Suaranya

Motorplus - Sabtu, 29 Maret 2014 | 09:38 WIB

Pengguna Honda PCX 125 sering menemukan bunyi berisik dibagian CVT skubek premium berukuran gambot itu. Grek..grekk. Kondisi ini, disebabkan karena dibagian CVT PCX tedapat celah dibagian bawah yang sebenarnya untuk sirkulasi. Tujuan celah ini, sebenarnya agar debu atau kotoran yang ada di dalam cover pun bisa keluar.

Namun, di musim yang masih sering turun hujan seperti sekarang, air juga mudah masuk ke celah tadi. Apalagi, kalau sering lewati daerah banjir. Sehingga, debu dan kotoran yang harusnya keluar, justru tekena air. Kemudian mengendap dan akhirnya menempel di bagian CVT.

Dengan CVT yang terselubungi kotoran ini, maka jangan kaget jika akhirnya timbul bunyi-bunyian tak nyaman didengar. Terutama, ketika ingin berjalan.

Bersihkan bagian dalam mangkok kopling pakai alkohol

Sebaiknya, jika sudah muncul bunyi seperti tadi, lekas dibersihkan. Karena jika tidak, akan menimbulkan kerusakan dibagian CVT yang merembet ke part lainnya.

“Memang, biasanya pas musim hujan tuh nongolnya. Cara membersihkannya cukup gunakan sabun colek dan ampelas halus saja,” ucap Dody Irawan pemilik bengkel DIDS Motor.

Biasanya kotoran-kotoran tadi nempel di bagian kampas koplingnya. Itu yang bikin bunyi berisik di CVT. “Solusinya pertama, rendam kampas kopling tadi pakai sabun colek. Gunanya, biar kotoran yang ada dibagian pori-pori kampas kopling itu terlepas,” Ujarnya.

Ini dia lubang yang bikin air masuk

Setelah kotoran terlepas baru deh dikeringkan pakai lap. Terus, bagian pori-pori yang ada di bagian kampas itu, kita ampelas biar pori-porinya kembali kasar. Jadi, bunyi grek-grek itu bisa hilang.

“Kalau mau maksimal, bersihin juga bagian dalam mangkok CVT pake alkohol. Soalnya, alkohol itu enggak bikin licin. Rumah kopling dan kampas kopling bersih, bikin part jadi menggigit,” Terang pemilik bengkel spesialis matic di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.