Tips Menutup Lubang Dudukan Kabel Rpm Yamaha Scorpio, Tinggalkan Cara Lama!

Motorplus - Selasa, 1 April 2014 | 13:29 WIB

Potong bagian pangkal kabel rpm

Banyak pemilik Yamaha Scorpio yang melepas areal spidometernya. Alasannya beragam, biar terlihat simpel lantaran menyesuikan dengan modifikasi motor atau pasang speedometer digital dengan sensor. Inilah yang membuat part penunjuk indikator kecepatan standar Scorpio enggak dipasang lagi pada areal tengah kemudi.

Namun permasalahannya, melepas part standar tersebut juga harus membuka perangkat spidometer lainnnya. Seperti bagian kabel rpm juga harus ikut dilepas. Lantaran, kabel rpm ini yang  menghubungkan ke bagian panel spidometer, sehingga putaran mesin bisa terbaca.

Nah, melepas kabel rpm pada Yamaha Scorpio sebetulnya mudah saja. Tinggal putar bagian pangkal kabel yang berhubungan ke bagian kanan head silinder yang bertuliskan Four. Langsung deh, kabel rpm yang terhubung ke speedometer itu bisa dilepas.

Lubang rpm sudah ditutup baut 

Namun, masalahnya dudukan kabel rpm yang ada head tadi harus ditutup ketika tidak dipakai lagi. Tujuannya, biar olinya juga enggak ngerembes. Selain itu juga, buat menghindari kotoran atau debu dari luar. Lain halnya jika sobat juga pakai panel rpm terpisah. Tentu tak perlu ditutup. “Ketika tak dipakai lagi, biasanya banyak yang ditutup atau sumpel dengan koin yang sudah diberi lem. Tetapi, estetikanya kurang enak dilihat,” jelas Arman pemilik Yamaha Scorpio bergaya street tracker.

Makanya, ia enggak mau pakai cara itu. Untuk menutup lubangnya, pria berkaca mata ini siasati dengan memanfaatkan bagian kabel rpm aslinya. “Saya potong bagian kabel rpm bawaan motor, yang diambil hanya pangkal yang terdapat ulir atau dratnya saja,” lanjut lajang yang tinggal di Bintaro, Jakarta Selatan.

Setelah bagian pangkalnya dipotong, lalu tinggal tutup lubang kecil bekas potongan tadi biar tidak ada celah untuk kotoran atau oli yang rembes. “Cara mudah, cukup masukkan baut ke dalam lubang dan kencangkan dengan kunci," lanjut Arman.

Setelah baut nempel, tampilan jauh lebih rapi. Ayo buruan deh dicoba..! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.