Sabertooth Motor Group, Bikin Trike 'WildCat' Dengan Sistem Rear Wheel Steering

Motorplus - Selasa, 1 April 2014 | 19:44 WIB

Dalam ajang balap seperti supermoto, dirt track hingga MotoGP sekalipun, cara nikung dengan melakukan rear wheel steering (RWS) adalah wajib hukumnya agar bisa cepat masuk tikungan. Tapi di Sabertooth Motorcycle (manufaktur motor asal Amerika), malah bikin trike yang mereka namakan WildCat dengan sistem operasi RWS.

Pada prinsipnya sama dengan tujuan melakukan RWS di balap yaitu bisa menikung dengan cepat. Tapi RWS di motor trike milik Sabertooth ban belakangnya memang bisa membelok. Tujuan lain adalah agar pengendara bisa menikung dengan aman karena ada kontrol belok roda belakang. Artinya handling motor jadi lebih baik dengan sistem ini.

Bahkan jika mengacu pada beberapa sumber, kebanyakan menjelaskan bahwa teknologi ini sudah dipatenkan oleh Sabertooth Motor Group, LLC sebagai teknologi paten dari mereka. WildCat juga sudah dilengkapi dengan teknologi sistem DynaGrip Active Suspension. Teknologi ini juga membantu sistem kerja teknologi RWS di ban belakang, agar lebih stabil di tikungan.

Aplikasi sistem suspensi yang begitu syarat akan teknologi terkini itu, pun menjadi bagian yang memainkan peran besar. Mengingat motor berjenis trike mudah tergelincir atau terjungkal ketika menikung dalam kecepatan tinggi. Dengan aplikasi sistem ini, ada modifikasi yang dilakukan pada sistem suspensi bagian belakang.

Cara bekerjanya pun cukup unik. Karena berkaitan erat dengan kecepatan dan sudut belok setang motor. Jadi mengendarai motor 3 roda dalam kecepatan tinggi dengan tambahan teknologi ini, tak perlu khawatir lagi. Paling tidak, kenyamanan menikung bisa lebih safety ketimbang menggunakan motor berjenis sama lainnya. Kecuali jika pembandingnya trike yang bisa melakukan lean angle seperti Piaggio MP3 dan sejenisnya. (motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Nurul




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.