Tes Kawasaki Ninja RR Mono Vs 150RR, Sekarang Pakai Knalpot Racing Naik 2 Hp Pangkas 6 Detik

Motorplus - Selasa, 8 April 2014 | 17:25 WIB

Proses penggantian knalpot tak memakan waktu lama

Saat pengujian dyno di atas mesin DynoMite buatan Amerika milik Ultraspeed Racing di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, dapur pacu 1 silinder berkapasitas 250 cc DOHC yang diusung RR Mono masih lebih unggul dari Ninja 150 RR. Bahkan ketika keduanya mengaplikasi knalpot racing (baca MOTOR Plus edisi 786 hal. 21).

Dari segi performa mesin, RR Mono masih di atas angin dari 150 RR. Tapi, mesin 2-tak berasio kompresi 7,2 : 1 yang digendong 150 RR mampu berkitir hingga 13.000 rpm lebih. Sementara RR Mono dilimit di 10.200 rpm. Tentunya dengan spek tersebut, 150 RR punya peluang besar melesat lebih cepat di trek panjang.

Hal ini yang belakangan mengundang rasa penasaran pembaca, bagaimana bila keduanya diadu di sirkuit balap? Sekalian pengen tau kemampuan RR Mono untuk dibandingkan dengan produk sekelas lainnya.

Nah, atas dasar itulah ambil inisiatif untuk mengujinya langsung di sirkuit Sentul, Bogor (Jawa Barat). Agar hasil maksimal, langsung pakai pembalap yang sarat prestasi di kelas 250 cc, yakni Nico Julian Chandra, racer R9 Racing Team.

“Kalau ban diganti pakai spek balap, mungkin waktu tempuhnya bisa dipangkas 1 sampai 2 detik. Belum lagi ditambah seting ulang suspeni,” yakin Nico yang mengaku waktu tercepatnya di sirkuit ini saat ngegas motor 250 cc sekelas merek lain dengan spek OMR (sudah ganti kem, main kompresi, knalpot, ECU, suspensi dan ban) adalah 1 menit 48 detik.

Melihat hasil tersebut, salah satu pemilik tim privateer yang kebetulan turut menyaksikannya jalannya uji coba di Sentul, langsung telepon mekaniknya yang kala itu lagi utak-atik motor sport 250 cc andalan mereka di bengkelnya.

“Bro, gak usah ngedial-dial kem lagi. Tinggalin aja tuh motor. Nanti kita langsung ganti RR Mono. Gile, cuma ganti knalpot doang best time bisa 1 menit 58 detik. Gimana kalo mesinnya dioprek lagi,” tukas Henry Yulianto alias Nying-Nying, manejer tim Angel Garage pada si mekanik.

Gubrakkk…!! Wakakakakak, bisa aja lu bor. (www.motorplus-online.com)

Knalpot yang digunakan sama dengan yang dipakai uji dyno. Berikut data best lap setelah menggunakan knalpot racing:

Ninja 150 RR Knalpot Racing

Best lap 2 menit 0,3 detik

Lebih cepat 6,2 detik dari knalpot standar

Top speed jadi 155 km/jam

Ketika knalpot standar 150 km/jam.

Ninja RR Mono Knalpot Racing

Best lap 1 menit 58,3 detik

Lebih cepat 6 detik dari knalpot standar

Top speed 162 km/jam

Ketika knalpot standar 155 km/jam

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.