Melibas Speedtrap, Hindari Kepala Pusing Ya Begini Caranya

Motorplus - Kamis, 3 April 2014 | 06:34 WIB

Posisi kaki sedikit diangkat agar bobot tubuh ditahan sehingga bisa meredam guncangan

Melibas speedtrap bisa dengan kecepatan tinggi. Tapi awas, perlu tahu trik agar kepala tidak pusing! Kalau melewati polisi tidur atau lubang besar, pengendara pasti sudah siap sedia. Pertama melambatkan laju kendaraan. Atau bisa dilibas sekalian sambil pegang kuat setang.

Namun, kalau melewati speedtrap atau penghambat kecepatan di jalan lurus, dipastikan pengendara main libas langsung. Padahal kecepatan bisa lebih 60 km/jam. Gundukan kecil dan pendek ini memang aman dilibas pada kecepatan tinggi sekalipun.

Tangan kudu kuat megang setang

“Namun kadang bikin kepala jadi pusing setelah melibas daerah speed trap,” keluh Rani, pengendara Vario yang setiap kali pulang pergi kantor lewat jalur yang ada pengurang kecepatan ini.

Usut punya usut, guncangan yang kelewat kencang akibat melibats gundukan ini bikin kondisi di bagian kepalanya terasa berat. Namun demikian, ia punya trik mengurangi puyeng setelah melibas jalur ini. “Biasa yang saya lakukan sedikit mengangkat kaki di footstep. Jadi, kaki sebagai sokbreker. Guncangan ke kepala ditahan oleh kaki,” katanya.

Ukuran helm yang pas juga dapat menghindari guncangan berlebihan yang bikin kepala jadi pusing

Hanya itu? “Tidak, penggunaan helm yang pas juga bisa mengurangi guncangan. Satu lagi yang paling berpengaruh adalah memperlambat laju motor. ”

Awas! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.