First Ride Honda New Vario-FI dan New Blade 125 FI, Langsung Jajal Varian Baru Honda dan Berikut Ini Rasanya

Motorplus - Kamis, 3 April 2014 | 16:11 WIB

Blade 125 FI. Sasis Blade tapi mesin Supra X125 FI

PT Astra Honda Motor (PT AHM) langsung launching dua varian sekaligus. Honda New Vario-FI dan New Blade 125 FI. MOTOR Plus kebagian jajal langsung kedua varian terbaru dari Honda ini.Sore (28/3) setelah peluncurannya, MOTOR Plus dapat kesempatan jajal Honda New Blade 125 FI dan New Vario-FI. Untuk pengetesan, di Parkir Barat, Kemayoran, Jakarta Pusat yang disulap jadi mini sirkuit kurang lebih 500 meteran. Lintasan cukup untuk mengenal karakter handling dan power keduanya.

Kita bahas desain New Blade 125 FI dulu. Total enggak banyak yang berubah di bodi. Bila dilihat seksama, tampilan luar ada dua perbedaan. Mulai dari desain knalpot, yang mulanya gambot jadi ramping. Juga, footstep depan bisa dilipat layaknya motor batangan.

Fitur canggih Answer Back System

Perubahan besar terjadi di engine, New Blade 125 FI dibekali bore 52,4 mm x stroke 57,9 mm 4-tak, SOHC 124,89 cc. “Engine New Blade 125 FI, sama dengan Honda New Supra X125 FI,” bilang Koichi Mizuno, Marketing Director PT AHM. Nah, setelah paham ternyata pakai mesin New Supra 125 FI, langsung jajal.

Kunci diputar ke posisi ON, engine 125 cc PGM-FI terdengar merdu. Saat gigi 1 dimasukan dan gas diplintir, torsi 9,30 Nm yang termuntahkan langsung terasa galak. Namun, saat itu top speed belum bisa dirasakan, karena trek yang disuguhkan terbilang pendek.

Handling besutan yang nanti bakal berlaga di Indoprix ini, memang tak beda jauh dengan New Blade karburator. Nikmatnya meliuk diantara cone, suspensi depan-belakang terbilang stabil.

Lampu Dual Keen Eyes disempurnakan LED

Giliran sentuh New Vario-FI. Wujud Vario 110 Absolute, berganti total dengan unsur fashion kental. Coba tengok dua lampu depan yang dijuluki Dual Keen Eyes, penerang dikala gelap, terlihat eksotik lewat lampu LED untuk lampu utama. Bodi yang elegan, juga jadi andalan utama.

“Soal engine New Vario-FI, pakai Honda BeAT FI 110 cc,” bilang Yasukuki Maeda, R&D New Vario-FI HRS-Thailand. Oh.. enggak pakai radiator.

Walau pakai engine BeAT, sensasi berkendara di New Vario-FI terbilang beda. Tinggi jok yang disuguhkan hanya 73,4 cm. Sedangkan, jarak terendah ke tanah lumayan tinggi 14 centimeter.

Vario-FI tampil elegan dan mudah dikendalikan

Makanya, saat rider 170 cm duduk di jok, kaki menapak sempurna ke aspal. Tentu mendukung penguasaan handling. Selain itu, fitur pertama di Indonesia dijejalkan. Punya nama Answer Back System. Fungsinya, mencari posisi parkir motor dengan cara menekan remote dan nantinya motor akan bunyi.

Posisi paha saat mengapit jok, enggak terlalu ngangkang. Padahal, motor yang dibekali bore 50 mm x stroke 55 mm punya bagasi 13 liter. Asyiknya, dek tengah luas, alhasil kaki bisa leluasa bergerak. Ditambah, kala grip gas dibejek engine lumayan bertenaga. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.