BMW R NineT Roadster, Selingkuh Dengan Genre Cafe Racer alias CF

Motorplus - Selasa, 15 April 2014 | 13:35 WIB

Nuansa bisa beda ketika aplikasi variasi buntut tawon

Desain roadster yang kerap dipegang BMW, seolah hilang jika melihat salah satu varian pabrikan motor Jerman tersebut. Itu kalau melihat BMW R Nine T. Sebab, kesan naked bike seakan selingkuh dengan genre cafe racer alias CF.

Kalau masih melihat dalam kondisi standar, memang masih rada saru. Lain halnya jika sobat melihat ketika R Nine T sudah mengaplikasi variasi penutup jok belakang. Langsung deh, muncul varian cafe racer modern.

Sebab, BMW juga melengkapi pacuan berkapasitas 1.170 cc berkonfigurasi boxer itu dengan variasi single seater bermodelkan buntut tawon. Ketika pakai part ini, kesan roadster hilang dan berubah jadi cafe racer.

Tak ingin buang ciri khas BMW yang usung mesin boxer

Pintarnya BMW, lampu depan juga tak mengusung model A simetris layaknya BMW seri S800R yang menawarkan konsep pacuan street fighter. Sebab, R Nine T hadir dengan lampu model bulat. Jadi, ketika buntut tawon terpasang. Tak mengubah pakem-pekem CF. Tetap berkesan klasik dengan desain rounded.

Melihat gaya yang dihadirkan pacuan dengan ban belakang 180/55-17 dan depan 120/70-17 ini, bisa dibilang ke arah neo cafe racer. Yup, cafe racer modern. Pasalnya, sok belakang tak usung model ganda. Tapi, diisi dengan sok tunggal.

Knalpot disokong Akrapovic

Selain itu, knalpot yang diusung adopsi model dua slincer dengan arah keluar di sisi kiri pacuan. Mungkin, BMW ingin memperlihatkan sistem penggerak roda belakang yang diaplikasi. Yaitu, model kopel yang bersumber di sisi kanan. Bukan rantai atau belt.

Masih soal knalpot, sebenarnya bisa saja sih gaya pipa saluran buang dibikin model satu yang desainnya mengikuti bentukan atau sejajar sub frame. Sebab, BMW juga kerjasama dengan produsen knalpot Akrapovic buat wujudkan model satu silincer. Dan, termasuk variasi yang ditawarkan bagi konsumen. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.