Honda ES01, Basisnya Honda BeAT FI. Bener apa Salah?

Motorplus - Kamis, 17 April 2014 | 12:16 WIB

Kesan mewah dan elegan dipancarkan ES01

Ketika melihat pacuan yang mengusung nama Honda ES01 ini, otak langsung berpikir keras. Apakah ini konsep atau motor yang sudah dijual massal. Namun setelah bertanya lebih jauh dengan salah satu staff di booth Honda di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2014, barulah diketahui kalau ini pacuan konsep terbaru Honda.

Wajar saja kalau otak dipacu buat berpikir. Sebab ketika melihat sosok skubek berkelir putih ini, langsung teringat dengan Honda BeAT FI yang sudah meluncur di Indonesia. Terutama, ketika melihat bagian engine.

Cover CVT dan box filter udara yang diusung ES01, serupa dengan BeAT FI. Makanya, Em-Plus melongok lebih jauh hingga ke bagian-bagian lainnya. Seperti knalpot juga! Memang, basis yang digunakan seakan tak jauh dari BeAT injeksi.

Bentuk belakang juga elegan dan futuristik lewat LED tail light

Namun untuk urusan bodi, jelas beda! Jika BeAT FI mengusung tema skubek sporty, maka di ES01, cenderung bertemakan skubek elegan dengan tampilan yang menonjolkan kemewahan. Macam skubek Eropa.

Hal itu terlihat dari bentuk bodi yang cenderung menampilan desain membulat namun sedikit memiliki sudut tajam. Kesan mewah lainnya, terpancar juga dari bagian dual headlamp yang bagian penerangannya diisi lampu LED kelir biru.

Pancaran LED biru, mewah!

Sedangkan untuk bagian tail light alias stoplamp, ES01 memiliki desain tipis namun melebar macam garis. Layaknya lampu belakang, pancaran sinar yang ditampilkan juga berwarna merah. Mewah!

Makin menarik ketika melihat bagian panel spidometer. Kecanggihan dan aura futuristik dari Honda coba dipancarkan dengan balutan spido digital dengan layar background hitam namun indikator LED kelir biru.

Cover CVT dan boks filter udara ini lho yang bikin mirip BeAT FI

Sesungguhnya, terkesan simpel jika melihat panel dan informasi yang disajikan. Sebab, sekilas hanya ada indikator kecepatan dan fuel meter saja. Namun, justru itu yang bikin panel terkesan mewah dan modern. Begitu juga dengan fiturnya. Sudah aplikasi combi brake system (CBS) dan mesin injeksi serta idling stop system (ISS).

Rasanya, untuk menghadirkan ES01 di Indonesia, bukanlah hal yang susah. Tapi, bukan versi pabrikan, lho. Melainkan, melalui tangan-tangan dingin dari para modifikator tanah air yang sangat kreatif. Betul kan? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.