Bikin Efek Karat di Pelat Besi Ternyata Bisa Andalkan Pemutih Baju, Loh..

Motorplus - Sabtu, 26 April 2014 | 09:35 WIB

Siapkan cairan khusus. Paint remover dan pemutih pakaian

Buat bikin efek karat, berbagai cara bisa ditempuh. “Bisa dengan cara lebih cepat, pakai cairan kimia,” ujar Yusuf Abdul Jamil, builder dari Lawless Jakarta yang coba berbagi pengalaman.

Tahap awal kupas cat pada besi yang akan dibuat karat bisa dengan bantuan paint remover yang bayak dijual di toko bangunan. “Oh ya, bisa seluruh bidang atau bagian tertentu saja, tergantung kebutuhan,” lanjut Ucup sapaan akrabnya.

Cat di tangki dikelotokin habis pakai remover

Setelah cat terkelupas, cuci pakai air sampai bersih. Lalu siapkan cairan Natrium Hiplokorit (NaCIO) untuk mempercepat proses karat pada pelat besi. “Cairan kimia ini ada pada kandungan pemutih pakaian, jadi pemutih pakaian macam Bayclin bisa dimanfaatkan,” jelas Ucup lagi.

Lalu, lumuri pelat dengan pemutih sampai rata ke seluruh bagian. Hati-hati, jangan sampai kena kulit lantaran NaCIO bikin gatal. Oh ya, setelah dilumuri pemutih enggak usah dicuci lagi. Langsung dijemur matahari.

Oleskan pemutih pakaian untuk proses karat

“Enggak sampai satu hari dijemur, gue jamin karatnya bakal rata ke semua bagian yang dioles pemutih,” jelas Ucup yang sudah mempraktekkan pada VW Kodok Rat Rod dan Honda C70 garapan Lawlees Jakarta.

Nah, kalau seluruh pelat sudah rata karatnya, tinggal dipernis. Biar efek karat makin terlihat, gunakan pernis doft untuk melapisinya. “Lapisi pernis yang agak tebal biar bagian yang karat enggak bertambah,” tutup Ucup. Gampang kan…..! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.