Upgrade Performa Yamaha Xeon RC YMJET-FI, Caplok Piston Diameter 59 mm Power Langsung Naik 4,367 Hp

Motorplus - Sabtu, 3 Mei 2014 | 14:31 WIB

Kompresi masih rendah lantaran kepala piston dipapas terlalu banyak

Buktinya seperti yang diterapkan di Yamaha Xeon RC YMJet-FI 2014 milik Adi asal Jakarta. Hanya dengan bermodal piston berdiameter 59 mm yang bikin volume silinder membengkak jadi 158,2 cc, kem hasil custom, knalpot free flow, ECU stand alone plus koil high performance, dapur pacunya sukses menyemburkan tenaga sebesar 11,92 hp/ 8.910 rpm.

Padahal dalam kondisi standar pabrik, mesin Xeon injeksi Adi hanya mampu memuntahkan 7,553 hp / 8.551 rpm. Artinya, terjadi kenaikan power sebanyak 4,367 hp. Itu pun agak bergeser di putaran yang lebih tinggi.

Nah, torsinya nih, bor. Naik gila-gilaan. Yang semula (kondisi standar) hanya terukur 7,461 Nm/ 6.169 rpm, setelah dibore up langsung melonjak drastis jadi 12,78 Nm di 6.320 rpm atau naik sebanyak 5,319 Nm. Uedan kan?

Efek yang dirasakan saat EM-Plus coba jajal ngegas skubek Garputala milik Adi ini di jalan, seperti mau ngangkat waktu gas dibejek dalam ketika akselerasi awal. Itu saking nendangnya torsi di putaran bawah.

“Padahal kompresinya masih diset rendah, cuma 10,7 : 1. Saluran masuk dan buangnya juga gak diporting. Hanya diperhalus efek kulit jeruk saja di exhaust dan ruang bakarnya dibikin mengilap pakai ampelas,” beber Freddy A. Gautama, punggawa Ultraspeed Racing (USR) di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat yang garap Xeon Adi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.