Kawasaki Ninja RR Mono Vs Z250 SL, Mesin Sih Sama Tapi Gaya Beda dan Karakter

Motorplus - Rabu, 14 Mei 2014 | 11:54 WIB

Kedok lampu Z250 ada tambahan cover pemanis di sisi kiri dan kanan. Reflektornya sih sama bor!

Kehadiran RR Mono hingga saat ini masih jadi omongan di antara penyuka motor jenis sport di Tanah Air. Apalagi setelah beberapa kali EM-Plus kupas tuntas semua kelebihan dan kekurangannya. Buktinya, kini tak sedikit tim balap yang incar motor ini untuk diturunkan dalam adu kebut kelas sport 250 cc.

Eh, baru-baru ini PT KMI kembali mengeluarkan versi telanjangnya (naked) yang dinamai Kawasaki Z250 SL. Banderolnya beda serebu (seribu, red) Cui, alias Rp 1 juta dari RR Mono. Tepatnya Rp 38,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Maksudnya telanjang, motor ini tidak dilengkapi fairing samping kayak RR Mono. Tapi, hanya berupa shroud yang menghiasi tangki bagian ujung depan (kiri dan kanan). Selain itu, di kedok lampunya juga ada tambahan cover pemanis. Wah, artinya harga fairingnya sejuta dong, hehehe.....

Husss.., kembali ke topik. Oh iya, ngomongin soal perbedaan antara kedua motor ini, selain pada sektor bodi juga terletak pada riding position. Tuh, lihat saja desain kemudinya. Kawasaki Z250 SL tak lagi mengusung setang jepit kayak saudaranya (RR Mono). Melainkan pakai model dragbar yang cenderung datar. Itu pun, posisi pemasangannya agak tinggi di atas klem segitiga atas.

Sehingga sudah pasti riding positionnya beda banget dengan RR Mono yang cenderung merunduk dan racy abis. Soal performa mesin sih, sebelas dua belas karena memang mengusung dapur pacu yang sama persis. Single cylinder berpenggerak katup DOHC, 4 valve. Kapasitas murninya 249 cc dengan bore x stroke : 72,0 x 61,2 mm. Buktinya rasio kompresinya juga sama 11,3 : 1. (www.motorplus-online.com)

TES AKSELERASI

                          Ninja RR Mono    Z250 SL

0 - 60 km/jam         2,37 detik         2,39 detik
0 - 100 meter         5,53 detik         5,56 detik
0 - 201 meter         8,00 detik         8,01 detik


Top speed          155 km/jam            155 km/jam

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.