Cara Mudah Pakai Rem CBS Di Skubek Honda, Begini Nih Caranya..

Motorplus - Kamis, 22 Mei 2014 | 08:27 WIB

Tekan pakai 4 jari

Mengerem dengan motor berpenggerak otomatis alias matik atau skubek memang sedikit berbeda. Ya, karena motor tipe ini tidak memiliki persneling, seperti motor bebek atau sport. Sehingga untuk melakukan perlambatan tidak bisa menggunakan bantuan melalui pengurangan persneling atau gigi secara bertahap.

Sementara skubek, benar-benar mengandalkan kemampuan braking alias pengereman untuk memperlambat laju kendaraan. Sehingga, proses pengereman sangat dipengaruhi kualitas rem.

Untuk itu, PT Astra Honda Motor telah melengkapi sistem pengereman pada model skubek ini dengan combi brake system atau CBS. Fitur ini pertama kali dikenalkan pada varian tertinggi skubek Honda yakni Vario Techno CBS. Kini selain Vario, varian lain yang sudah menerapkan fitur ini adalah BeAT FI CBS.

“Model CBS ini memudahkan pengendara melakukan pengereman. Dengan menekan satu tuas rem di sebelah kiri, secara otomatis dua rem di depan dan belakang akan aktif,” ungkap Hadrianus Ary Yuanto, Chief Safety Riding dari AHM.

Pengoperasian CBS mudah. Perlu diperhatikan supaya gas benar-benar ditutup saat membutuhkan perlambatan maksimal.Untuk menghasilkan perlambatan maksimal ini, posisi menarik tuas rem juga harus diperhatikan. Banyak yang hanya menggunakan dua jari. Yakni jari tengah dan telunjuk. Dua jari lagi yaitu jari kelingking dan jari manis masih tetap terletak di grip gas.

Yang baik dalam pengoperasian rem dengan bantuan keempat jari yang ada. “Sehingga dua jari yang berada di grip, tidak menahan putaran gas. Pada akhirnya, perlambatan akan didapat dengan hasil maksimal.”  (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.