Kawasaki KLX 250 2010 Jakarta, Buah Dari Melek Soal Regulasi

Motorplus - Senin, 19 Mei 2014 | 09:37 WIB

Ikutan kontes modifikasi wajib hukumnya bagi builder untuk paham  regulasi. Sebab, ini jadi patokan buat modifikator untuk membangun motor. Sekaligus, biar enggak salah pilih kelas yang dilombakan. Seperti Kawasaki KLX 250 milik Andi ini. Lewat sedikit ubahan, besutannya mampu jadi jawara.

Yup, besutan ini kampiun tertinggi di kelas KLX Advance pada ajang Kawasaki Modification Contezt 2014 yang dihajat oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) featuring MOTOR Plus. Padahal, untuk bermain di kelas ini banyak batasannya. Tidak seperti kelas X-treme yang bisa bebas pasang part dan ubah tampilan.

“Pakai KLX250 sudah sudah mendukung bawaan kaki-kaki standarnya. Apalagi, buat gaya supermoto. Saya hanya tinggal ganti roda saja,” ujar pria yang tinggal di bilangan Tanjung Duren Selatan, Grogol, Jakarta Barat.

Nah, regulasi ini memperbolehkan mengganti part variasi atau part lain, asalkan tidak mengubah rangka dan sebagian bodi masih bisa diganti. “Untuk poin ini, saya siasati dengan ganti lengan ayun belakang milik Aprilia SXV 550 dan ganti sepatbor depan lebih pendek, khas supermoto,” lanjut Andi dari Supermoto Free.

Buat pemasangan lengan ayun limbah ini Andi juga enggak gegabah, dia pertahankan rangka standarnya jangan sampai kena ubahan. Justru yang dikalahkan, bagian lengan ayun yang dibubut bagian sisinya menyesuaikan rangka standar KLX 150.

Jadi, tidak ada potong frame apapun. Bahkan, untuk dudukan monosok di bagian atas juga tetap pakai dudukan yang sama. Jadi, masih sesuai regulasi contezt di kelas Advance.

Untuk areal bodi, hanya ganti sepatbor depan yang lebih pendek. Selebihnya, masih dibiarkan standar.

Detail pemasangan part variasi juga mendukung penilaian untuk turun di kelas Advance. Seperti penggantian setang yang sudah aplikasi model robot, disc brake aftermarket, dan ragam variasi lainnya dengan pemilihan warna yang tepat, tentunya sangat mendukung tampilan.

Kelebihan KLX250 juga pada desain decal atau striping yang nempel pada seluruh bodi motor. Konsepnya tegas dengan hanya kombinasi dua warna, orange dan hitam. “Kelir oranye dan hitam merupakan paduan yang pas, tinggal pandai-pandainya mengolah grafis saja,” urai Andi yang bangga bisa jadi jawara di kelas KLX Advance. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Avon Distansia120/60-17

Ban belakang : Avon Distansia 140/70-17

Knalpot  : Suzuki GSX 400

Pelek belakang : Baros 4,5 x 17

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.