Vespa PX 150 1993 Tasikmalaya, Bisa Juara Cuma Main Feeling!

Motorplus - Minggu, 25 Mei 2014 | 19:30 WIB

Agni Herton lepas tak tertahan saat tampil di kelas Tune Up Pemula di event Scooter Prix 2014, Sentul Karting, Minggu lalu (4/5). Padahal, setingan motornya cuma main feeling. Tapi, gap yang diberikan bisa cukup jauh dengan pembalap di belakangnya.

Oki Kurniawan bertugas meracik mesin Vespa PX 150 yang digunakan Agni, mengaku tidak mengandalkan part racing buatan luar macam Malosi atau Polini.

Untuk mengangkat power si semok, Oki menjejali piston Yamaha RX-King oversize 200 yang punya diameter 60 mm ke ruang silinder. Kapasitas mesin Vespa PX yang standarnya 149 cc dengan bore 57,8 mm x stroke 57 mm, ikut naik jadi 161 cc. Tenaga mesinpun tentu semakin terdongkrak.

Agar keluar masuk bahan bakar semakin sempurna, lubang buang dan lubang transfer ikut disesuaikan. “Tinggi lubang exhaust dibuat 35 mm dari bibir atas silinder. Lubang transfernya cuma sedikit dibesarkan, lupa ukuran pastinya berapa,” tandas Oki yang mekanik andalan Go!! ERP STC Lupromax Racing Team.

Buat penyembur bahan bakar, andalkan karbu Keihin PWL 26 mm yang sejatinya punya Kawasaki Ninja 150 R. Ukuran pilot jet dan main jet masih standar, tetapi dirojok atau dibesarkan lubangnya menggunakan kawat. Makanya, menentukan pas atau tidaknya cuma pakai feeling aja.

“Pengapian juga banyak standar. Hanya magnet yang dibubut hingga beratnya 1,4 kg. Selebihnya masih standar bawaan motor. Segini juga sudah enak kok, tenaganya terus mengisi di putaran atas dan bawah,” tambah mekanik yang bermain Vespa sejak awal tahun 2000 ini.

Kaki-kaki juga banyak yang diakali. Sok belakang pakai monosok Kawasaki KLX 150 yang sudah dimodif. Sok ini, motor diklaim lebih anteng saat melibas tikungan di Sentul. Enggak kalah dengan motor modal besar. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban: Mizzle 90/110-12

Karburator : Keihin PWL 26

Sok depan: Kayaba

Piston: RX-King

Sok belakang : KLX 150

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular