Yamaha YZF-R25, Ini Alasan Kenapa Performanya Dahsyat

Motorplus - Sabtu, 31 Mei 2014 | 13:22 WIB

Mengusung konstruksi kruk as 180 derajat

Kata Mr. Terada, Director Marketing Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), performa Yamaha YZF-R25 lebih bagus dari kompetitor sekelasnya yang sama-sama mengusung mesin 2 silinder segaris DOHC, 8 valve.

“Power maksimumnya mencapai 26,5 kw (35,54 HP) di 12.000 rpm. Sementara torsinya 22,1 Nm/10.000 rpm. Beda jauh dari punya tetangga,” timpal M. Abidin, GM Technical Service & Motorpsort YIMM. Woww..!!

Kemampuan segitu tentunya berkat rancangan mesin penuh hitungan. Untuk memperkuat konsepnya sebagai superbike. Antara lain, rasio kompresi diset tinggi, yakni 11,6 : 1. Tujuan bisa ditebak, selain untuk mengail torsi gede, juga agar mesin bisa dibuat berkitir tinggi.

Memang terbukti, saat Em-Plus coba blayer gas hingga mentok, putaran mesin tebus hingga 14 ribu rpm. Itu juga karena dibatasi limiter. Kalau tidak, pastinya bisa lebih. Dan hebatnya, putaran mesin berkapasitas murni 249,6 cc dengan bore x stroke yaitu 60,0 x 44,1 mm ini naiknya terasa sangat cepat.

Arah intake dirancang down draft agar aliran udara cepat masuk ke ruang bakar

Wuihh.., suara deruman mesin yang keluar knalpot dengan konstruksi 2 in 1 kayak mesin 4 silinder lho. “Itu berkat konfigurasi kruk as yang diset 180,” beber Abidin. Dengan konstruksi seperti itu, membuat tekanan di ruang kruk as stabil. Karena piston bergerak naik-turun bergantian

Alhasil gerak piston jadi tidak terhambat. Mekanisme kem yang dirancang menganut dual overhead camshaft (DOHC) dengan sistem direct drive camshaft juga turut mendukung. “Makanya putaran mesin bisa cepat dan ringan. Ditambah pembakaran yang terjadi menciptakan efek suara yang mirip mesin 4 silinder,” tambahnya sembari kasih tahu sudut valve yang berjumlah 8 buah (4 isap dan 4 buang) diset 12,75 pada bagian in dan outnya 13,50.

Throtlle body berventuri 32 mm dengan progresive pulley

Selain itu, lanjut Abidin, posisi silinder dibikin off set. “Tujuannya untuk meminimalkan gesekan antara piston dan dinding silinder,” jelas Abidin. Trik lain yang juga turut menyumbang perolehan performa, posisi throttle body berdiameter venturi 32 mm didesain down draft.

Maksudnya, “Arah venturi throttle body dibikin mengarah turun ke bawah (down draft intake manifold). Tujuannya agar aliran udara masuk secara vertikal, jadi lebih cepat menuju ruang bakar. Tapi konstruksi seperti ini menyesuaikan desain mesinnya juga,” tukasnya. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.