Penempatan Accu Di Motor, Jangan Miring Atau Tidur. Kenapa?

Motorplus - Sabtu, 21 Juni 2014 | 08:26 WIB

Posisi miring, air aki tidak merendam sel

Hati-hati meletakkan aki di motor kesayangan. Khususnya, penempatan baterai di motor modifikasi. Kadang-kadang, kuda besi ubahan suka mengorbankan penempatan aki. Kalau diposisikan miring atau tidur, bisa membuat kinerjanya cepat mengendur, bahkan rusak. Apalagi, aki tipe basah akan cepat bermasalah kalau dipasang miring.

Berbeda dengan aki kering yang memang dirancang untuk penempatan yang lebih ekstrim, seperti di motor sport. “Aki kering masih mungkin bila diletakkan posisi miring atau tiduran. Tapi, kalau aki basah, jangan sekali-kali deh. Karena bisa cepat rusak,” wanti Rahmat, Kepala Teknik Klaim PT Yuasa Battery Indonesia.

Aki kering atau maintenance free (MF), dirancang dengan metode penyimpanan cairan dan disimpan dalam serat kaca (absorbed glass mat) yang kedap. Tempat penyimpanan itu berbentuk spiral yang kemudian menjadi aliran listrik.

Berbeda dengan aki basah, memiliki sel yang harus diisi air aki. Aki jenis ini umumnya ada saluran hawanya. “Air pengisi sel dalam aki tidak boleh kurang. Kalau sering kurang bikin sel aki cepat rusak,” terang Rahmat. Nah, ketika aki diposisikan miring atau tidur, dikhawatirkan air aki akan tumpah lewat saluran hawa. Sehingga volumenya jadi berkurang. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.