Pembalap Mengupas Soal Performa dan Karakter Mesin

Motorplus - Rabu, 25 Juni 2014 | 07:23 WIB

Mesin jadi part paling vital dalam sebuah kendaraan. Dari pengujian yang EM-Plus lakukan, R25 unggul dalam hal power maupun torsi dibanding New Ninja 250. Itu sudah dibuktikan langsung di atas mesin dyno. Tapi, setiap mesin pastinya punya karakter tersendiri saat bekerja. Ada yang cenderung lebih mantap di putaran bawah-menengah, ada juga yang tenaganya baru terasa di rpm menengah ke atas. Maunya sih kalau bisa ngisi di semua putaran mesin.

Menarik untuk mencari tahu karakter mesin mana yang lebih disukai saat main di sirkuit. Karena di sirkuit, performanya bisa dieksplor maksimal. Karakter dapur pacu, power dan torsinya benar-benar bisa dirasakan di sini. Beda dengan penggunaan di jalan raya, power dan torsi mesin kadang susah keluar maksimal karena banyaknya hambatan.

Nah, setelah menjajal langsung kedua motor, Nico dengan sigap langsung menunjuk mesin R25 lebih unggul. Data yang didapat di atas mesin dyno sepadan dengan di sirkuit. Akselerasi R25 yang lebih cepat dari New Ninja 250 membuktikan itu. Power dan torsi yang dahsyat di putaran tinggi, dirasakannya sangat membantu membuat motor keluar tikungan dengan cepat. ”Tapi masuk gigi 6, akaseleri R25 agak lambat,” tukasnya.

Melibas trek lurus sirkuit Sentul yang punya panjang 900 meter, R25 mampu catatkan top speed diangka 172 km/jam. Sedangkan New Ninja 250 hanya catatkan 165 km/jam. Berarti, terbukti kan R25 lebih unggul dalam hal performa dibanding jagoan Kawasaki? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.