First Impression APPKTM Gajah 500D, Usung Mesin Diesel Untuk Niaga

Motorplus - Kamis, 26 Juni 2014 | 08:40 WIB

Tipe tertinggi (panjang bak 2,6 meter) dilego on the road Rp 35,9 juta

Buat angkut beban berat, sipnya pakai motor yang punya torsi mesin gede di putaran bawah. Di kendaraan roda empat, mobil bermesin diesel lah rajanya. Makanya bis, truk atau kendaraan angkut berat lainnya pasti pakai mesin diesel. Coba kalau di motor juga ada ya, sob. Pasti seru, tuh!

Eit, emang ada kok, bro! Coba deh sobat bikers kunjungi booth Asia Putra Perkasa Kingtown Tian Ma (APPKTM) di Jakarta Fair 2014 di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di sana ente bakal ketemu unit motor niaga yang rodanya ada 3, dinamai Gajah 500D. Nah, si moni, eh, motor niaga itu mesinnya diesel. Dengan kapasitas silinder mencapai 460 cc.

“Ini motor niaga pertama di Indonesia yang pakai mesin diesel,” ucap Reidy, Manager Marketing APPKTM. Kerennya lagi, mesin dieselnya sudah mengaplikasi sistem pasokan bahan bakar solar Fuel Injection dengan teknologi HEE High Efficiency Engine (HEE) yang berkaitan dengan efisiensi bahan bakar.

Oh iya, dapu pacu diesel si Gajah moni mampu memuntahkan tenaga sebesar 8,2 kW (11 hp) di kitiran 3.600 rpm. Torsi maksimumnya 23 Nm. Ya gitulah karekter mesin diesel. Power tidak terlalu tinggi, tapi sebaliknya torsinya berlimpah. Itu pun dicapai pada putaran yang sangat rendah, yakni di 2.600 rpm. Cucok nih mas bro, buat yang punya niat modifikasi begaya trike atau aplikasi ban segede gambreng yang butuh tarikan bawah kenceng. (www.motorplus-online.com)

DATA SPESIFIKASI

Jarak sumbu roda : 2.380 mm

Berat kosong: 485 kg

Transmisi: 4 Percepatan maju + 1 mundur

Daya angkut maksimal: 800 kg

Ukuran ban dpn/blkg: 500-R12-8PR

Tangki bahan bakar: 14,6 L dengan cadangan 2 liter

Tenaga maksimum: 8,2 Kw (11 hp) @ 3.600rpm

Torsi maksimum: 23 Nm @ 2.600rpm

Suspensi depan: Teleskopik

Suspensi belakang: 6 lempeng pelat baja utama

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.