Ganti Knalpot Free Flow dan Seting Spuyer Sukses Dongkrak Power Sebesar 0,5 HP

Motorplus - Senin, 25 Agustus 2014 | 13:36 WIB

Kenaikan power terbesar datang dari penggantian knalpot

Upgrade awal coba ganti knalpot standar dengan model free flow buatan OEI Racing. Ketika dites dyno, pemakaian knalpot tersebut sukses dongkrak power sebanyak 0,5 hp.

Peak power naik jadi 14,9 hp/9.544 rpm. Torsi puncak pun ikut meningkat jadi 12,06 Nm / 9.647 rpm atau meningkat 0,4 Nm dibandingkan waktu masih menggunakan knalpot standar.

Oh iya, saat memasang knalpot free flow ini, ukuran pilot-jet dinaikan agar suplai bahan bakar tidak terlalu miskin. Pilot-jet Satria F-150 yang ukuran awalnya 12, dinaikan jadi 17,5.

Grafik dyno buktikan adanya kenaikan power dan torsi

Pengetesan selanjutnya ditambah mengganti koil standar pakai jenis racing berlabel Protech. Motor pun kembali digas di atas dyno. Hasilnya, tidak terjadi peningkatan performa yang signifikan, baik power maupun torsi.

Cukup wajar, mengingat penggantian koil tipe racing ini cenderung hanya menyempurnakan proses pembakaran di ruang silinder. Makanya, kenaikan power dan torsi tidak terlalu terlihat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.