Pasang Lampu HID di Vario 125 Bikin Aki Tekor? Nggak La Yauu...

Motorplus - Senin, 8 September 2014 | 18:42 WIB

Tidak sedikit juga para pengguna lampu HID di Vario 125 mengeluhkan tekornya aki. Khususnya, ini terjadi pada Vario 125 non ISS. “Untuk Vario 125 ISS, kelistrikannya sudah lebih baik dibanding non ISS. Bahkan, ketika dipasangkan lampu HID 55 Watt, kelistrikan masih mampu mengangkat,” tutur Ari Kamari mekanik Hokiedokie.

Agar aki tidak tekor, harus ada yang disesuaikan juga. Seperti penambahan saklar, ini diperlukan ketika motor awal dihidupkan. Saat motor dihidupkan, usahakan posisi lampu dalam keadaan mati. Karena, dinamo stater dan lampu rem lumayan menyedot arus listrik besar.

Selain penambahan saklar, penggantian lampu rem dengan LED pun diwajibkan apabila tidak ingin tekor. “Bohlam lampu rem ini, lumayan menyedot listrik yang besar. Ketika rem ditekan ada tiga lampu yang menyala, untuk bohlam kiri dan kanan menyedot listrik sekitar 20 watt, untuk lampu yang menyala standby di tengah menyedot 5 watt. Total 25 watt ketika tuas rem kita tarik,” ungkap pria asal Pati, Jawa Tengah.

Dengan pemakaian LED, satu buah lampu LED 5 titik menghasilkan hanya 0,3 watt. Apabila tiga lampu tersebut diganti dengan LED 5 titik, hanya menyedot 0,9 watt. Artinya, bisa mengirit listrik sekitar 24,1 watt. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.