Bore up Yamaha Xeon Power Tembus 12,5 Hp

Motorplus - Minggu, 25 Januari 2015 | 07:37 WIB

Uji dyno di atas mesin Sport Dyno milik Polaris 9

Sejak Yamaha Xeon 125 RC meluncur di Indonesia, sudah bawa DNA motor sport dari kakaknya, Yamaha V-ixion. Dibekali kapasitas mesin 125 cc, dengan teknologi YMJet-FI membuat skubek ini sangat responsif. Namun ada saja tangan usil yang oprek mesin motor ini. Katanya, ada yang bore up Yamaha Xeon power tembus 12,5 hp loh.

Raiza Fahryandar yang berdomisili di Depok, Jawa Barat, salah satunya. “Suka geregetan kalau lihat jalanan kosong. Pengennya gas pol aja,” ungkapnya. Makanya, skubek garputala besutannya lantas bore up Yamaha Xeon power tembus 12,5 hp. Blok standar yang diboring untuk dijejali piston Honda New Megapro berdiameter 57,5 mm. Kalau dihitung, kapasitas silinder membengkak jadi 150 cc.

Modal piston Honda New Mega Pro

Kebetulan diameter pen piston New Megapro sama dengan punya Xeon RC. Makanya, aplikasi piston New Megapro di Xeon RC tidak banyak ubahan. “Cuma kepala piston saya papas sekitar 0,5 mm agar kompresi tidak terlalu tinggi. Biar aman buat harian,” papar Faisal, pemilik Xeoners Racing yang workshopnya ngendon di Jl. Jatayu, No. 19, RT 05/RW 03, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Untuk head, tidak banyak perubahan. Rata-rata masih mengandalkan part standar. Tapi, saluran masuk dan buang diporting polish. Sedang noken as, klep, dan kubah dibiarkan standar. “Dibikin tidak terlalu ekstrem karena motor dipakai harian. Dipakai dari rumah ke kantor rata-rata sekitar 70 km per hari,” ucap Raiza yang juga salah satu anggota Xeoners Indonesia chapter Depok.

Biar semprotan bensin lebih deras, injektor pakai punya NVL

Nah, kalo diukur di atas mesin Sport Dyno milik bengkel Polaris 99 yang bermarkas di Jl. Kebon Jeruk 3, No.99, Jakarta Barat. Tenaga maksimal bisa tembus 12,4 hp/6.673 rpm dengan torsi maksimal diangka 13,16 Nm/5.000 rpm. Bener kan, bore up Yamaha Xeon power tembus hampir 12,5 hp.

Mantap! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.