Pilihan Cakram Lebar Untuk Motor

Motorplus - Kamis, 29 Januari 2015 | 12:50 WIB

Disuguhkan sepaket dan satuan

Bikin kekar kaki-kaki, bisa juga ganti cakram standar dengan ukuran diameter yang lebih besar. Dengan penggantian cakram yang lebih besar, tak hanya sumbang estetika yang keren tapi juga bikin pengereman jadi makin bagus. Teorinya, dengan memperbesar lingkaran cakram dari titik poros roda, bikin daya cengkraman kaliper lebih mudah. Sehingga, saat ngerem lebih pakem. Makanya, ada trik pilihan cakram lebar untuk motor.

Soal pilihan cakram lebar untuk motor dengan berbagai merek makin banyak. Dilihat dari warna, cukup variatif. Mulai dari warna gold, biru, silver, aluminium, merah dan masih banyak lagi. Ada juga yang mengkombinasikan warna piringan dengan warna kancing floating, jadi, makin nyentrik saat diaplikasi di roda. Cakram aftermarket dan original, dibagi dalam dua tipe. Floating dan fix.

Ciri dari cakram tipe floating, antara cakram tengah dan cakram ujung terpisah. Hanya disatukan dengan kancing floating. Bila kita goyangan dengan tangan, cakram ini akan goyang. Sedangkan, piringan fix menyatu dan tidak terjadi goyang. Cakram yang biasanya diapliaksi di motor balap, itu tipe floating. Tapi, keduanya punya teknik pengereman berbeda.

Berarti pilihan lebar cakram motor harus tahu tipe cakramnya. “Teknik pengereman cakram tipe floating, harus dua kali ditekan seperti dikocok. Baru bisa bekerja maksimal. Sedangkan, cakram fix cukup sekali tekan. Tapi, untuk kebutuhan balap lebih bagus pakai tipe floating,” papar Muhammad Abidin, GM Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM). (www.motorplus-online.com)

Daftar Harga :

Merek         Diameter         Harga

Expedition     260 mm             Rp 800 ribu

Equinox     320 mm             Rp 800 ribu

PSM         320 mm             Rp 450 ribu

PSM         220 mm             Rp 275 ribu

KTC Racing     267 mm             Rp 2,5 juta

Nassert Beet     320 mm             Rp 750 ribu

Pico         300 mm             Rp 400 ribu

Racing Boy     300 mm             Rp 1,4 juta

Scarlet Racing     300 mm             Rp 200 ribu

HDM         300 mm             Rp 150 ribu

Axio TZM     320 mm             Rp 300 ribu

Racing One     300 mm             Rp 340 ribu

TDH         300 mm             Rp 300 ribu

Nemo         320 mm             Rp 130 ribu

TJR         260 mm             Rp 130 ribu

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

Tag Popular