Jupiter-Z Tim Yamaha Suhandi Padang 88 Klop Untuk Rolling Speed

Motorplus - Jumat, 19 September 2014 | 10:00 WIB

Di region 1 Sumatera, Jupiter Z berkelir biru strip kuning merah andalan tim Yamaha Suhandi Padang 88 (YSP88) NHK Racing ini termasuk cukup disegani. Tak jarang mampu obrak-abrik barisan terdepan kelas bebek 4-tak Tune up 110 cc Seeded (MP2). Bahkan di gelaran Yamaha Cup Race seri ke-6 di Bangka Belitung (Babel) baru-baru (6-7/9) ini, nyaris tak terkejar.

Yup, pacuan Hapsoro Rudhito asal Sragen, Jawa Tengah yang membela tim YSP88 ini sukses ninggalin lawan di belakangnya dengan gap hingga 8 detik lebih. Kebetulan suguhan trek YCR seri 6 yang berlokasi di komplek perkantoran DPRD Babel, mendukung peraihan itu.

“Aku sangat suka dengan lay out trek yang berkarakter rolling speed seperti ini. Bisa terus gas pol di street dan tikungan. Cocok sama aku dan motorku,” tukas Hapsoro yang sukses bawa pulang 1 unit motor sebagai gajaran prestasinya.

Pasalnya, oleh Taufik yang didaulat sebagai tunner YSP88, karakter performa dapur pacunya dibikin ganas di gasingan tengah ke atas. Klop dengan gaya balap Hapsoro yang suka gantung gas saat keluar masuk tikungan. Makanya, setiap lap, Hapsoro mampu bikin gap demi gap terhadap pembalap di belakang.

Untuk bikin power Jupiter Z andalan YSP88 ini meletup-letup di kitiran tengah ke atas, Taufik seting LSA (lobe separation angel) noken asnya di angka 105. Sementara durasinya dibikin 273°, baik in dan ex. In-nya membuka di 35° sebelum TMA dan menutup 58° setelah TMB. Sedang ex-nya ngebuka di 58° sebelum TMB dan menutup 35° setelah TMA.

“Liftnya bagian ex saya buat lebih tinggi, yakni 9,3 mm. Sedang in 9,2 mm,” terang Taufik. Selain itu, rasio kompresi mesin yang ditata 12,3 : 1 juga turut berperan. Plus kurva pengapian dibikin hanya 1 pemajuan, yakni 37° sebelum TMA, serta pemakaian rotor yang cuma 650 gr dikombinasi balancer 450 gr. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Piston         : Kawahara Ø 52 mm

Klep          : Honda Sonic 27/23 mm

Knalpot      : AHM

Sok belakang       : Ohlins

Final gear     : 13/41

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.