Gagah Pake Jurus 2D!

Motorplus - Sabtu, 27 September 2014 | 12:30 WIB

Opo iku (apa itu, red) 2D, sob? “Nih, ta’ kasih tahu deh. D yang pertama itu adalah ‘Duwur’. Maksudnya tinggi or jangkung. D berikutnya yaitu ‘Dowo’, yang artinya panjang,” jelasnya. Konsep itu yang diterapkan pada Suzuki Thunder 125 lulusan 2007 miliknya.

Konsep 2D yang dimaui Sulis ini terbilang unik. Yakni naked streetfighter, namun dibuat jangkung biar kelihatan lebih gagah. “Akan lebih joss gandoz lagi jika wheelbase-nya sedikit dimulurin (dipanjangin). Buat ngimbangin jangkungnya tadi,” alasan Sulis.

Namun lucunya, ia punya postur yang enggak terlalu tinggi. Malah sedikit irit. Tapi, ketika ngegas Thunder 125-nya ini, ia jadi lebih pede. “Aku rasakan enak dipakai riding dan touring, bro,” akunya. Okelah kalau begitu!

Yuk, kita amati konsep 2D ala Sulis ini. Langkah pertama, ia mengubah sistem suspensi belakang jadi monosok. Singkatnya, monosok Suzuki Satria 2-tak dibuatkan dudukan ulang di rangka bawah jok. Sedangkan dudukan bawah dibikin sistem link kayak unitrack di bawah pangkal swing arm hasil custom.

Trik ini untuk membuat motor jadi jangkung di bagian buritan. Serta lebih panjang karena arm-nya tertarik ke belakang. Sayangnya, bantingan sok jadi rada keras. Menurut Sulis itu masih lebih baik, karena sebelumnya beberapa kali temui kendala terkait aplikasi monosoknya tersebut. “Sempat ambles ketika motor diduduki. Kemiringan monosoknya waktu itu nggak pas. Lalu diubah lagi. Nah, ini yang paling cocok,” yakinnya.

Mendukung tampilan, dibuat deltabox kamuflase di sisi kiri dan kanan sasis tengah. Sekalian bertujuan mengisi ruang kosong di bawah tangki. Biar motor tampak padat. Lantas pada sok depan disusupi sepatbor Kawasaki ZX130. Katanya agar kayak Ducati Hypermotard.

Hasilnya, konsep 2D sukses membuat Suzi Sulis lebih gagah. “Melar sekitar 10 cm. Kalau soal tingginya, jujur jadi jinjit nih,” kekeh warga Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo, Solo, Jawa Tengah ini.

Ya iya lah, wong konsep supermoto yang dipake, hehehe..! (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

BBan depan     : Corsa 100/70R17

ban belakang     : Swallow 150/60R17

Pelek depan     : Power 2.75x17

Pelek belakang     : Power 3.50x17

Knalpot     : Honda Supra

Stang         : Trail

Stoplamp     : Yamaha RX-King

Karburator     : Keihin PE 28

Cakram         : Honda Tige

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan


YANG LAINNYA

TERPOPULER +

Tag Popular