Cuma Ganti Silencer Bisa Lebih Cepat 2 Detik

Motorplus - Minggu, 28 September 2014 | 13:20 WIB

Masih aplikasi ban, suspensi dan mesin standar jadi kurang maksimal

MOTOR Plus kedatangan tamu 1 unit Yamaha YZF-R25 versi upgrade ala PT Yamaha Indonesia Motor Manufacture (YIMM). “Upgrade-nya cuma pakai knalpot racing aja kok,” bisik Zaldy, Marketing Communication Manager PT YIMM. Itu pun model slip on dan belum ada mereknya. Tapi, kalau dilihat dari bentuk dan modelnya, mirip lansiran Akurapopo. Eh.. maksudnya Akravopic.

Karena penasaran, MOTOR Plus iseng-iseng coba geber di lintasan balap. R25 diajak ngebut di sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tapi, yang ngegasnya pembalap, yakni Dellu Agung dari tim AR-1 Pikoli Abirawa Racing Team. Dellu dipilih karena punya catatan prestasi bagus soal besut 250 cc. Dellu pernah meraih titel juara umum kelas Ninja 250 dan Superbike di IRS tahun 2013.

Sebelum masuk lintasan, persiapan yang dilakukan Dellu pada jagoan 250 cc dua slinder Yamaha hanya menyetel angin depan dan belakang. Ban yang digunakan masih standar ting-ting pabrikan, yakni IRC Road Winner. Setelah selesai melakukan persiapan, ia coba lakukan pemanasan satu putaran untuk pemahaman karakter R25 versi upgrade ini. Sisanya, langsung gas pol!

Total lap yang dihabiskan Dellu, sekitar 5-6 putaran. Saat di-timing, wow.. takjub. Best time yang didapat cukup bagus. Sebelumnya, R25 standar saat dibesut Nico Julian tembus waktu 1 menit 59,94 detik. Namun hanya dengan aplikasi knalpot slip on, Dellu persempit jadi 1 menit 57,45 detik. Lebih cepat 2 detik dari R25 standar. “Kalau timenya seperti ini, tahun depan R25 layak ikut kejurnas 250 cc nih,” kata Dellu yang asli Cirebon, Jawa Barat.

Tak hanya tes sirkuit. R25 upgrade versi pabrikan ini juga diajak berlari statis di atas dynotes merek Dynojet 250i. Juga ukur kemampuan akselerasinya menggunakan Vericom VC3000. Hasilnya, monggo tengok artikel di bawah ini! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.