Pakai Knalpot Racing Bawaan Pabrik Pangkas 8 Detik!

Motorplus - Senin, 6 Oktober 2014 | 09:50 WIB

Dellu Agung. Raih best time 2 menit 9 detik menggunakan R15 dengan knalpot Sakura

Tim MOTOR Plus kedatangan Yamaha YZF-R15, upgrade versi pabrikan. Speknya hanya mengganti knalpot standar dengan knalpot Sakura. Tadinya dikira berikut aplikasi ECU Daytona. Namun seteleh diperiksa, murni hanya aplikasi knalpot free flow.

Nah, untuk mengetahui seberapa peningkatan performa yang dihasilkan dari ubahan tersebut, R15 diajak tes dyno, akselerasi dan ukur best time di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tes pertama, hitung timing terbaik yang bisa didapat dalam 1 lap di sirkuit Sentul. Pembalap Dellu Agung dari tim AR-1 Pikolli Abirawa Racing Team, dipilih sebagai ridernya.

Knalpot Sakura, Original Equipment Market (OEM) Yamaha

Sebelumnya, Dellu Agung sempat bekerja sama dengan tim EM-Plus untuk melakukan tes R15 spek standar beberapa waktu lalu. R15 kondisi standar saat itu mencatatkan waktu terbaik 2 menit 17,86 detik dan spidometer mencatatkan top speed 135 km/jam.

“Tenaga motornya sudah beda dari kondisi standar. Power putaran bawah lebih cepat naik, atasnya juga lebih kuat. Harusnya lap time bisa lebih baik dari kondisi standar,” papar Dellu. Benar saja, setelah mengitari sirkuit Sentul sebanyak 5 lap, didapat best time jadi 2 menit 9,76 detik. Di spidometer, top speed pun meningkat menjadi 140 km/jam. Wow, pangkas 8 detik, bro!

Setelah diuji best timenya, saatnya dinaikkan ke mesin Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport dibilangan Rawamangun, Jakarta Timur. Kebetulan, disana punya data R15 standar yang sempat diuji sebelumnya. Powernya terukur sebesar 14,39 hp/8.500 rpm dan torsi 12,69 Nm/7.500 rpm.

Power bawah lebih nendang, sob!

Nah, saat R15 yang sudah pakai knalpot Sakura dirunning di atas mesin dyno yang sama, didapat peak power 14,47 hp/8.700 rpm dan torsi 12,67 Nm/7.500 rpm. Artinya, terjadi peningkatan tenaga sebesar 0,8 hp. Namun, torsi terjadi penurunan sedikit, yakni 0,02 Nm. Namun uniknya bila dilihat dari grafik, penggunaan knalpot Sakura ini mengisyaratkan akselarasi bawahnya lebih nampol dibandingkan versi standar.

Terakhir, R15 diajak berakselarasi menggunakan Vericom VC3000. Untuk mengukur akselarasi R15, tim menggunakan trek lurus di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kondisi jalan saat pengujian dalam keadaan sepi, tentram dan damai, hehehe.. Jadi bisa gas pol. Hasilnya, sobat bisa tengok di kolom hasil akselarasi. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.