Hasilnya Pakai Super Valve BRT Bisa Nambah 0,5 dk!

Motorplus - Rabu, 8 Oktober 2014 | 10:30 WIB

Kata ‘super’ identik dengan hebat, kuat, dahsyat dan sederet sinonim lainnya. Nah, belum lama ini Bintang Racing Team (BRT) merilis produk terbarunya yang dinamai Super Valve BRT. Mungkin sebelum-sebelumnya ente pernah dengar produk BRT lainnya yang dijuluki Super Head? Kali ini mereka bikin klepnya nih, sob! Tapi, seberapa hebat sih?

“Bahannya heavy duty . Ada dua jenis bahan yang kami tawarkan. Yakni SUH 3 yang sama dengan klep EE, dan SUH 35 setara klep ex Honda Sonic. Jenis SUH 3 lebih tahan benturan. Sedang SUH 35 lebih tahan panas. Ditambah seluruh permukaan klep, terutama batangnya dilapis carbon untuk melindungi batang klep dari gesekan. Lapisan carbon ini sifatnya akan jadi pelumas pada suhu tinggi,” beber Tomy Huang, bos BRT.

batang menuju poros payung pada klep BRT (kiri) lebih rata dibanding klep EE

Kelebihannya bukan cuma itu, juga pada profil klepnya. “Sudut payung klep yang kontak ke sitting dirancang pakai dua sudut kurva, yakni 45 dan 30. Klep lain cuma menganut satu sudut. Efek yang akan didapat dari dua sudut tersebut, debit aliran udara (cubic feet minute/CFM) akan lebih besar, dan kecepatan aliran udaranya (velocity) lebih tinggi,” jelasnya.

Selain itu, pada batang klep dekat pangkal payung juga tidak terdapat gradasi seperti pada klep EE maupun punya Sonic. “Itu karena awalnya diameter batang 6 mm, lalu dikecilin jadi 5 mm dan 4,5 mm. Makanya batang klepnya rata hingga ke pangkal payung. Sehingga flow jadi lebih baik,” imbuh Tomy.

Jenis SUH 3 tersedia diameter 21 hingga 34 mm, sedang SUH 35 cuma 21-25 mm

Untuk membuktikan khasiat Super Valve BRT ini, dilakukan uji flowbench di cylinder head Honda Blade yang sudah korekan. Pengujian pertama langsung pakai klep BRT bagian in. Hasilnya, didapat 114,3 CFM. Kemudian klep diganti produk EE yang banyak dipakai di motor korekan. Tentunya dengan diameter yang sama. Hasilnya hanya didapat 113,4 CFM.

“Hasil segitu bisa naikin power hingga 0,5 hp. Lumayan kan hanya dengan klep doang,” tutup Tomy sembari bilang untuk bahan SUH 3 dibanderol Rp 165 ribu in dan ex. Sedang SUH 35 combine SUH 3 pada ujung tangkainya dikenai Rp 225 ribu saja. (www.motorplus-online.com)

Dua sudut kurva pada payung klep, bikin flow lebih tinggi dan cepat

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.