Yamaha RX-Z Spek Balap Buat Adventure

Motorplus - Jumat, 17 April 2015 | 09:00 WIB

Heri Wowok dari workshop Wowok Mandiri (WM) Banjarnegara, gemar berpetualang dengan trail. Bahasa kerennya adventure, baik dengan motor jenis lokal maupun seri built up. Demi menyesuaikan kebutuhan kondisi geografis ala Indonesia, modifikator yang akrab disapa Heri ini cenderung pilih besutan kombinasi. Salah satunya Yamaha RX-Z spek balap buat adventure.

Maksudnya, kondisi alam cocok dengan jenis handling built up. Tapi untuk mesin, ayah satu putri ini cocok dengan performa motor lokal. Terlebih untuk urusan maintenance, jenis spare part motor built up termasuk langka dan mahal. Contohnya seperti kampas kopling dan piston set. Makanya lebih pilih Yamaha RX-Z spek balap buat adventure bareng komunitas.

Makanya Heri pede olah mesin Yamaha RX-Z lawas dicangkokan pada segelondong bodi dan frame set comotan Yamaha YZF 250 tahun 2006. “Untuk jenis mesin built up, selain powernya terlalu besar untuk kebutuhan adventure, sisi perawatan termasuk sulit. Makanya saya padukan mesin motor lokal agar aman dipakai adventure,” jelas modifikator dari Jl. Raya Pejawaran, Km. 1, Pejawaran, Banjarnegara, Jawa Tengah ini.

Untuk sasis, Heri tak utak-atik konstruksi bawaan YZF 250. Sebab sudah mumpuni untuk menerjang berbagai jenis handicap adventure. Hanya saja swing arm belakang comot YZ 125 lawas. Tak heran jika modifikator kalem ini lebih fokus aplikasi pasang mesin Yamaha RX-Z untuk digendong sasis YZF 250.

Dalam penerapan engine swap, Heri fokus pada mounting mesin yang nemplok di sasis. Seperti pada mesin RX-Z yang memiliki dimensi kecil. Maka perhitungan beberapa sudut mounting dibuat lebih panjang. Seperti bagian bawah down tube. Pelat besi yang dipakai, memiliki tebal 3 mm yang dibuat dua lembar kanan dan kiri. Biar kuat, bro!

Sedangkan dudukan mounting mesin belakang dibuat praktis menyesuaikan dudukan as lengan ayun. Asyiknya untuk dudukan mounting belakang langsung plek tanpa ubahan berarti, “Hanya menyesuaikan bushing karet saja agar mesin anteng,” tutup Heri yang sangat sayang dengan Yamaha RX-Z spek balap buat adventure miliknya. (www.motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI

Ban depan     : Delitire 90/90-21

Ban belakang     : Dunlop 110/100-19

Pelek         : TK

Sok belakang     : Yamaha YZ 125

WM         : 0821-33272747

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.