Penggunaan Oli Bisa Dites Lewat Dyno

Motorplus - Jumat, 10 Oktober 2014 | 18:45 WIB

Dicoba menggunakan oli Shell Advance SAE 10-40

Kinerja pelumasan oli di engine, bisa dipantau lewat Dynojet 250i milik Sportisi Motorsport (SM). “Bisa diukur menggunakan sistem deselarasi. Deselarasi adalah proses berhentinya mesin setelah melakukan akselarasi,” bilang Brahmantio Prayogo, owner SM.

Proses pengetesannya, mula-mula grip gas diputar habis hingga mesin berakselarasi sentuh batas limiter. Lalu, putar kunci kontak ke Off. Dalam keadaan mati, posisi grip masih dalam keadaan diputar habis. Secara otomatis, mesin akan membaca grafik dari hasil proses akselarasi menjadi deselarasi.

Garis merah menunjukan gesekan yang lebih minim

“Makin landai grafik, itu artinya oli melumasi dengan bagus. Bila grafik turunnya curam, tandanya gesekan yang terjadi masih tinggi,” cetusnya jelas. Nah, tinggal proses pembandingan antara oli satu dengan oli yang jadi andalan sobat.

Tim MOTOR Plus, uji oli standar Honda Supra 125 Helm-In yang menggunakan SAE 10-40 (grafik biru). Setelah grafik awal didapat, dituangkan oli baru lansiran Shell Advance AX7 SAE 10-40 (grafik merah). Hasilnya, grafik merah lebih landai dibanding grafik biru. Itu artinya, pelumasan grafik merah lebih bagus. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.