Tips Ubah Kawat Spul Magnet Standar

Motorplus - Sabtu, 21 Maret 2015 | 18:20 WIB

Pakai kawat lebih tebal, pengisian jadi optimal

Penggunaan beban kelistrikan yang berlebih, biasanya membutuhkan arus listrik yang besar. Ambil contoh, pemakaian 2 buah lampu HID di Honda Vario Techno 110, tidak cukup hanya dengan mengubah sistem pengisian full wave saja. Perlu modifikasi kawat sepul standarnya. Nih dia tips ubah kawat spul magnet standar.

Sebelumnya tim EM-Plus membahas tentang sistem pengisian half wave dan full wave. Kali ini bahas soal upgrade sepul dengan tips ubah kawat spul magnet standar. Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan tenaga listrik.

Kawat standar hanya 0,8 mm

Ketika magnet di sepeda motor berputar seiring putaran crankshaft, gaya magnet ini memotong sepul sehingga menimbulkan arus listrik yang akan dialirkan ke kiprok, untuk diatur tegangannya sebelum disalurkan ke aki.

Tips ubah kawat spul magnet standar bertujuan memperbesar arus pengisian pada kelistrikan full wave. Pembesaran arus ini bisa dilakukan dengan mengganti kawat kumparan standarnya pakai yang berukuran lebih besar.

Setelah dililit ulang, lapisi pakai cairan isolator biar gak konslet

“Ukuran kawat standar pabrikan adalah 0,8 mm. Diganti dengan kawat email yang mempunyai ukuran 1,2 mm. Dengan jumlah lilitan yang sama dengan standarnya yaitu 4 gulungan, ini akan membesarkan arus yang dihasilkan. Namun, jika jumlah lilitan yang diperbanyak, yang akan bertambah adalah tegangannya,” jelas Aji Nugroho mekanik dari bengkel kelistrikan HokieDokie.

Penggantian kawat gulungan sepul ini jangan sampai mengurangi jumlah lilitan. Apabila kawat gulungan diperbesar namun jumlah lilitan ini dikurangi maka tidak akan efektif. Ini juga tidak berlaku pada sistem kelistrikan yang masih half wave. Karena arus yang besar akan terbuang ke ground.

Upgrade kawat menjadi 1,2 mm dengan jumlah lilitan yang sama

Setelah kawat digulung ulang, kawat tembaga ini dilapis oleh cairan isolator agar tidak mudah terjadi korsleting. “Penggantian kawat sepul ini bisa memperbesar arus 50% dari standarnya sistem half wave, dan 25% lebih besar dari full wave biasa.

Jadi, dijamin aman buat yang ingin menambahkan beban kelistrikan di sepeda motornya ,seperti pemakaian lampu 2 buah HID, hingga pemasangan audio sistem,” klaim Aji  yang bengkelnya ngendon di Kp. Buaran Jaya RT. 05 RW. 014, Bekasi Barat, Jawa Barat. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.