Oli Rekomendasi Buat Harian & Kompetisi Buat Kawasaki Ninja 250 Series

Motorplus - Rabu, 12 November 2014 | 07:00 WIB

Banyak diandalkan di arena balap

Satu hal yang masih diyakini beberapa pembesutnya, sosok Kawasaki New Ninja 250 masih dianggap lebih ganteng dan mencirikan sosok motor sport sejati di kelas 250 cc 2 silinder segaris. Makanya peminatnya masih banyak. “Kalau gue sih lebih suka desainnya New Ninja 250 secara keseluruhan. Alasannya, karena terlihat lebih racing," alasan Stefanus Yoga, anggota Ninja Owners Club.

Namun ia tidak menampik kalau tampilan rivalnya, Yamaha YZF-R25, juga menggoda. “Lekukan-lekukannya lebih tajam, mulai dari depan hingga belakang. Namun sosok New Ninja 250 lebih berkesan moge banget. Shockbreaker depannya terlihat lebih berisi," imbuh warga Cipadu, Ciledug, Tangerang ini.

Selain itu, satu hal yang juga jadi pertimbangan penting, “Ninja 250 kalau diupgrade lagi, misalnya dipasangi piggyback, knalpot dan sebagainya, power-nya masih mau nambah banyak. Kalau rivalnya, naiknya gak signifikan,” bilang Bramantyo Prayogo.

Shell Advance AX7, banyak diandalkan karena harganya terjangkau

Oke, kita kesampingkan dulu soal plus minus keduanya. Toh, nyatanya jagoan pabrikan ‘Geng Ijo’ tersebut hingga kini cukup banyak digunakan di ajang balap. Nah, pasti sobat sekalian pengen tau, pilihan part rekomendasinya menurut para pemakainya dan mekanik bengkel.

Contol soal oli, ada beberapa pilihan produk aftermarket di pasaran yang boleh sobat aplikasi. Itu pun bisa disesuaikan untuk penggunaan harian atau balap, seperti fun race yang sering digelar di sirkuit Sentul, Bogor. "Maklum, anak-anak disini sering banget ikutan fun race," terang Yoga.

Pilihan olinya antara lain seperti merek Motul, Shell dan Fuchs Silkolene. “Motul 5100 10W/40 paling banyak digunakan. Soalnya, banyak bengkel sering bilang bahwa oli standar pabrikan mirip dengan Motul tipe ini. Hasilnya bila pakai oli ini, mesin jarang overheat. Cocok buat harian," imbuhnya.

Pilihan lainnya, ada Shell Advance AX7. Menurut Yoga, merek ini banyak juga diandalkan anak-anak komunitas Ninja 250. “Harganya cukup terjangkau, dan performanya tidak mengecewakan. Seliter-nya cuma Rp 70 ribuan. Lumayan kan buat pemakai New Ninja 250 yang kapasitas olinya mencapai 2,4 liter. Harus beli 3 botol, hehehe..," terang Yoga.

Sementara yang doyan main di Sirkuit, biasanya pilih tipe oli yang khusus buat kompetisi. "Rata-rata pilihan kami ada di Shell Advance Ultra atau Fuchs Silkolene PRO4. Dua-duanya emang kualitasnya terbukti bagus. Mesin gak gampang panas dan suaranya lebih halus. Cuma memang harganya lebih mahal," terang pria berkacamata ini.

 Piliha mana? (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.