Atasi Problem Kipas Radiator Ninja RR Mono Cuma 30 Menit

Motorplus - Kamis, 20 November 2014 | 07:00 WIB

Kipas radiator Ninja RR Mono suka tidak mati meski air radiator sudah dingin

Buat pembesut Kawasaki Ninja RR Mono atau Z250SL, jangan heran kalau kipas radiator tetap berkitir meski kontak sudah di posisi Off. Sebab, kipas radiator ini memang bekerja secara otomatis menggunakan sensor. Jika air di dalam radiator mulai kelewat panas, kipas akan mulai bekerja. Begitu air radiator sudah dingin, kipas akan mati dengan sendirinya.

Lalu, bagaimana kalau kipas terus berkitir meski air radiator sudah dingin? Jangan panik, apalagi sampai berpikiran harus beli motor baru. Masalah ini memang sering ditemui penunggang Ninja RR Mono dan Z250SL. Sebenarnya bisa diselesaikan sendiri dalam waktu 20-30 menit saja.

Nggak perlu nyalahin kipas radiator apalagi berniat ganti kipas. Kondisi kipasnya pasti baik-baik saja. Cuma sensornya saja yang kotor. Jadi, harus dibongkar dan dibersihkan,” tegas Deni Setiade, kepala mekanik Kawasaki Berkat Asia Pacific yang sering mendapatkan keluhan ini dari konsumennya.

Buat penunggang Ninja RR Mono, monggo buka dulu fairing sebelah kanan dengan melepas 4 baut L4 dan juga 2 baut colok. Untuk penunggang Z250SL, cukup lepas tebeng samping dengan membuka 4 baut colok. Saat baut sudah terbuka, melepasnya harus hati-hati. Sebab ada kancing yang mengikat antara fairing bagian luar dan dalam. Jangan sampai patah.

Lepas sensor menggunakan kunci 24 dan lanjut bersihkan

Nah, kalau fairing atau tebeng samping kanan sudah terbuka, akan terlihat bagian radiatornya. Tengok bagian sisi kanan radiator. Ada sensor bulat yang ditutup karet di bagian soketnya. Cabut karet dan sensor akan terlihat. Untuk membetulkannya, sobat harus buka sensor menggunakan kunci 24 mm. Setelah itu bersihkan bagian sensor yang berwarna kuning emas ini.

“Cukup pakai kain bersihin sensornya. Biasanya, sensor ini yang kotor dan membuat pengiriman perintah ke kipas menjadi ngaco. Kalau sudah dibersihkan pasti langsung normal lagi. Kipas akan mati otomatis saat air radiator mulai dingin,” tambah mekanik yang akrab disapa Ude.

Kalau sensor sudah bersih, tinggal pasang ulang sensor ke posisi semula. Pasang yang rapat dan kencang agar air radiator tidak bocor. Jangan lupa pasang kembali fairing atau tebeng jika sudah selesai. Cepat dan enggak butuh modal, bro! (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular