Motor Berbahan Bakar Air Bikinan Mahasiswa USU

Motorplus - Kamis, 20 November 2014 | 12:00 WIB

Saat banyak bikers dibuat pusing dengan kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) yang cukup tinggi, mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) bikin sebuah gebrakan. Sepuluh mahasiswa jurusan fisika USU memamerkan sepeda motor berbahan bakar air dengan campuran bioetanol.

Karya ini merupakan hasil penilitian mahasiswa USU sejak tahun 2007 silam. Di proyek ini, mereka bekerjasama dengan Pertamina yang membiayai program research kendaraan berbahan bakar air ini. Kabarnya, motor ajaib ini akan segera dipatenkan dan dipamerkan oleh Pertamina.

"Yang kita petenkan itu adalah bahan bakarnya. Saat ini Tim Physics Research Group on Renewabie Energy and Green Sensor kami sedang mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk mempatenkan hasil penelitian itu," ucap Drs Sutarman MSc, Dekan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) USU.

Kabarnya, dengan 500 ml air dan campuran bioetanol, motor karya mahasiswa USU ini mampu menembus jarak tempuh hingga 300 km. Semoga saja penemuan anak bangsa ini bisa menjadi sebuah terobosan besar di dunia otomotif. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor : Motorplus

Video Pilihan



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

Tag Popular